logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

47 Dosen POLITAP Tingkatkan Kemampuan Instruksional Melalui Pelatihan PEKERTI

Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen, kali ini dengan menggelar pelatihan peningkatan ketrampilan dasar instruksional (PEKERTI) bagi 47 dosen di lingkungan POLITAP. Kegiatan PEKERTI yang dilaksanakan merupakan hasil kerjasama Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4MP) POLITAP dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Univeristas Tanjungpura (UNTAN). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip metodologi dan keterampilan mengajar dosen di perguruan tinggi sehingga mampu meningkatkan kualitas sekaligus proses hasil belajar mahasiswa.

Pelatihan PEKERTI dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada hari selasa hingga kamis, 22-24 Oktober 2019 yang bertempat di Aula Kantor Bapenda Kabupaten Ketapang. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Ketapang, Endang Kusmana, SE, MM. Ak, CA. Dalam sambutanya, Endang Kusmana menyampaikan bahwa dosen bukan saja sebagai  pendidik yang bertugas hanya mengajar, namun juga merupakan ilmuwan yang tugas utamanya mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, untuk itu harus senantiasa mengembangkan diri terlebih dalam menghadapi perubahan yang begitu cepat di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Menurut Endang Kusmana, Revolusi Industri 4.0 saat ini menuntut kita untuk terus dapat menyesuaikan dengan perubahan perubahan yang terjadi terutama yang terkait dengan teknologi digital. Untuk itu beliau menyampaikan bahwa dosen-dosen politap harus cepat merespon perubahan dengan selalu meningkatkan kompetensi salah satunya dengan mengikuti pelatihan PEKERTI. Di tingkat institusi POLITAP juga telah merespon perubahan tersebut dengan menerapkan teknologi digital dalam sistem pelayanan akademik melalui SIAKAD yang berbasis android, sehingga pelayanan akademi mahasiswa tidak lagi menggunakan sistem manual yang tidak efektif, “Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga hadir ketua LP3M Untan, Prof. Dr. Aunurrahman, M.Pd. Dalam sambutannya, Aunurrahman menyampaikan rasa senangnya dapat hadir dan bekerjasama dengan POLITAP dalam menyelenggarakan pelatihan PEKERTI yang baru pertama kali dilaksanakan di kabupeten ketapang. Beliau berharap semua peserta pelatihan untuk sungguh-sungguh mengikuti pelatihan hingga selesai. lebih lanjut beliau berharap bahwa setelah mengikuti pelatihan PEKERTI dosen-dosen politap dapat menjadi dosen yang profesional dan siap menghadapi era industri revolusi 4.0, “tandasnya.

Bagikan Ini :
Comments are closed.