skip to Main Content
Menu
Tingkatkan Kompetensi, Dosen Agroindustri Ikut Retooling Vokasi 2018

Tingkatkan Kompetensi, Dosen Agroindustri Ikut Retooling Vokasi 2018

Dua orang Dosen Program Studi Agroindustri, Adha Panca Wardanu, S.TP, MP dan Irfan Cholid, SP, M.MA mengikuti kegiatan Retooling Dosen Vokasi Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh ristekdikti. Kegiatan di selenggarakan selama 5-6 minggu di Kota Bogor dan Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu program peningkatan kompetensi dosen vokasi pada 2018. Dalam kegiatan ini Ristekdikti menggandeng beberapa perguruaan tinggi penyelenggara untuk memberikan pelatihan terkait dengan peningkatan kompetensi dosen. Untuk pelatihan kompetensi Jaminan dan Keamanan Pangan di laksanakan di SEAFAST-LPPM IPB Bogor dan untuk pelatihan kompetensi Logistik dan Manajemen rantai pasok di laksanakan di Politeknik POS Indonesia Bandung.

Menurut Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc (Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) sebagaimana yang dilansir dihalaman website retooling vokasi dosen ristekdikti, menyampaikan bahwa “Dalam rangka pelaksanaan Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi, untuk mewujudkan pendidikan tinggi vokasi yang link and match dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Ditjen Kelembagaan, Iptek, dan Pendidikan Tinggi akan menyelenggarakan Program Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2018, untuk membantu peningkatan kualitas dan kapabilitas dosen sebagai salah satu elemen penting dalam pengembangan lembaga perguruan tinggi. Program ini merupakan kegiatan pelatihan non gelar melalui kerjasama antara Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Kelembagaan, Iptek, dan Pendidikan Tinggi dengan Perguruan Tinggi dan partner industrinya sebagai penyelenggara pelatihan”.

Sementara itu, menurut pendapat Adha Panca Wardanu, S.TP, MP yang merupakan salah satu peserta pelatihan kompetensi jaminan dan keamanan pangan yang dilaksanakan di SEAFAST-LPPM IPB Bogor “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dosen terutama saya sendiri dalam meningkatkan kompetensi terutama di bidang keahlian yang saya ambil yang itu jaminan dan keamanan pangan, harapannya sepulang dari kegiatan ini dapat menularkan kemampuan yang didapat kepada mahasiswa didik sehingga mahasiswa memilik kemampuan yang memumpuni ketika terjun langsung ke industri. Pada tempat yang terpisah, hal yang sama juga diutarakan oleh peserta lainya, Irfan Cholid, SP, M.MA yang mengikuti pelatihan kompetensi Logistik dan Manajemen rantai pasok di Politeknik POS Indonesia. Menurutnya, selain meningkatkan kompetensi, kegiatan ini juga memberikan pengalaman yang berarti terutama praktek langsung di industri serta menambah wawasan terkait dengan bidang keahlian yang diambilnya.

Sumber :
http://agroindustri.politap.ac.id/2018/08/09/tingkatkan-kompetensi-dosen-agroindustri-ikut-retooling-vokasi-2018/

Bagikan Ini :
Back To Top
X