logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Jurusan Teknologi Pertanian

Jurusan Pengelolaan Hasil Perkebunan terdiri dari tiga program studi yaitu Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan(D3), Budidaya Tanaman Perkebunan(D4) dan Agroindustri(D3).

Struktur Organisasi:
Ketua Jurusan : Ningrum Dwi Astuti, S.TP., M.P
Sekretaris Jurusan : Nurhayati, S.P., M.Si
Koordinator Prodi TPHP : Nenengsih Verawati, S.TP., M.P.
Koordinator Prodi BTP : Assrorudin, S.Pd., M.Pd
Koordinator Agroindustri : Irfan Cholid, S.P., M.MA
Kepala Laboratorium TPHP : Dian Fitriarni, SST., M.Sc.
Kepala Laboratorium Mutu dan Mikrobiologi : Rosmalinda, S.ST., M.P
Kepala Laboratorium Rekayasa : Sopiana, S.P., M.Si

DIPLOMA III PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERKEBUNAN

VISI
“Pada tahun 2030 menjadi program studi yang unggul dan terkemuka di tingkat Nasional dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi, penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pengolahan hasil perkebunan yang bermutu dan berkelanjutan”.

MISI
a. Menyelenggarakan pendidikan vokasional untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Teknologi pengolahan hasil perkebunan, berdaya saing tinggi, dan bertaqwa;
b. Menyelenggarakan dan menyebarluaskan penelitian terapan di bidang Teknologi pengolahan hasil perkebunan;
c. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknologi pengolahan hasil perkebunan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat;
d. Menciptakan iklim kehidupan akademik yang nyaman, dinamis, produktif, dan berakhlak mulia.

TUJUAN
a. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang profesional, berdaya saing dan bertaqwa;
b. Menghasilkan Produk baik berupa barang maupun jasa untuk mendukung kesejahteraan masyarakat;
c. Menghasilkan kerjasama yang harmonis dengan Stakcholders di bidang teknologi pengolahan hasil perkebunan;
d. Terciptanya iklim kehidupan akademik yang nyaman, dinamis, produktif dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Utama
Memiliki kompetensi profesi di bidang teknologi pengolahan hasil perkebunan yang mampu menangani produk-produk hasil perkebunan dan teknologi pengolahannya.

Kompetensi Penunjang
Menguasai pengetahuan dan teknologi terapan di bidang teknologi pengolahan hasil perkebunan serta mampu berkomunikasi secara efektif dan memiliki keterampilan manajerial dengan ketahanan mental yang tinggi bekerja di lapangan industri perkebunan.

Lihat Kurikulum

DIPLOMA IV PROGRAM STUDI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN

VISI
“Menjadi Program Studi Vokasi Unggul dan Terkemuka di Bidang Pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan Tingkat Regional dan Nasional pada Tahun 2025”

MISI
a. Melaksanakan pendidikan pada tingkat diploma pada bidang pertanian khususnya perkebunan.
b. Komitmen pada pendidikan dan pengajaran berkualitas untuk menghasilkan lulusan terbaik yang dapat mendukung upaya peningkatan pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan serta mampu mengembangkan bisnis pertanian.
c. Mengimplementasikan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan guna mendukung pencapaian ketahanan pangan nasional.

TUJUAN
Tujuan Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan adalah memberikan dan membekali para mahasiswa dan alumninya berbagai kompetensi/keahlian vokasional yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan standar dunia kerja baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional, termasuk tuntutan pasar kerja tentunya. Adapun tujuan tersebut tentunya merupakan penjabaran dari visi dan misi Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan. Tujuan prodi diantaranya:
a. Berperan secara aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan maupun seni di bidang pertanian, khususnya perkebunan.
b. Meningkatkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan, maupun seni di bidang pertanian, khususnya perkebunan melalui penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran vokasional, penelitian terapan maupun pengabdian kepada masyarakat yang secara keseluruhan diperuntukan bagi terwujudnya ketahanan pangan.
c. Meningkatkan mutu fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran untuk mewujudkan suasana akademik yang kondusif, aman, nyaman dan asri, serta bermanfaat bagi sivitas akademika khususnya di unit kerja Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan.
d. Meningkatkan produktivitas dan mutu luaran yang mandiri dan berwawasan global, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan pembangunan di bidang pertanian lebih khusus perkebunan yang berkelanjutan, dalam mendukung tercapainya ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat.
e. Membangun jejaring dan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan pihak luar khususnya pemerintah, dunia usaha dan industri, serta perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmu pengetahuan, dan teknologi, dan lembaga/instansi lainnya yang terkait di bidang pertanian, khususnya perkebunan baik dalam maupun luar negeri untuk terwujudnya Motto Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan “Unggul, Terdepan, dan Berkelanjutan”.

PROFIL LULUSAN
a. Manajer bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang memiliki integritas.
b. Peneliti bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inovatif, terapan dan berkelanjutan.
c. Pendidik bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inspiratif.
d. Penyuluh bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang komunikatif dan kreatif.
e. Pengusaha bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang berwawasan lingkungan.

Lihat Kurikulum

DIPLOMA III PROGRAM STUDI AGROINDUSTRI

VISI
“Pada Tahun 2025 : Menjadi pusat layanan yang unggul dalam pendidikan, pembelajaran dan alih ketrampilan serta teknologi di bidang agroindustri yang ramah lingkungan dan berkesinambungan”.

MISI
Misi menggambarkan tugas pokok dan fungsi dari Program Studi Agroindustri dalam penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Politeknik Negeri Ketapang, yaitu:
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi di bidang agroindustri yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat dan industri pengguna jasa pendidikan tinggi yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Menyelenggarakan dan memfasilitasi penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang agroindustri yang ramah lingkungan dan berkesinambungan serta bermanfaat bagi masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.
3. Menyelenggarakan sistem pengelolaan pendidikan vokasi di bidang agroindustri yang profesional, akuntabilitas, inovatif dan berdaya saing.
4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/institusi di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
5. Membentuk insan cendikia terampil di bidang agroindustri yang berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berwawasan lingkungan dan menguasai teknologi informasi yang mampu bersaing di dunia kerja dan usaha serta menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan akhlak yang baik.

TUJUAN
Tujuan diturunkan dari visi program studi sebagai salah satu ukuran kinerja penyelenggaraan pendidikan oleh program studi. Tujuan penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Agroindustri adalah:
1. Menghasilkan lulusan sebagai Ahli Madya (A.Md.) yang profesional dalam bidang agroindustri yang memiliki kompetensi dalam penanganan dan pengelolaan hasil pertanian serta pengawasan mutu hasil pertanian.
2. Menerapkan hasil-hasil riset dan pengembangan di bidang agroindustri (Industri pertanian) melalui jaringan kerjasama dengan masyarakat, dunia usaha, industri dan instansi lain.
3. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan vokasi di bidang agroindustri yang profesional, akuntabilitas, inovatif dan berdaya saing.
4. Menyelenggarakan kerja sama dengan industri dalam bidang jasa penanganan dan pengolahan, pengawasan mutu hasil pertanian di tingkat lokal, nasional dan internasional.
5. Menghasilkan insan cendikia terampil di bidang agroindustri yang berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berwawasan lingkungan dan menguasai teknologi informasi yang mampu bersaing di dunia kerja dan usaha serta menjujung tinggi nilai-nilai etika dan akhlak yang baik.

KOMPETENSI LULUSAN
Profil
Lulusan program studi agroindustri berkesempatan untuk bekerja pada beberapa bidang antara lain adalah:
1. Pengawas/Supervisior Produksi Industri Pengolahan Hasil Pertanian.
2. Pengawas Mutu/Quality Control (QC) pada Industri Pengolahan Hasil.
3. Pendamping Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
4. Wirausaha di bidang Agroindustri/Industri Pengolahan Hasil Pertanian.
5. Serta bekerja di bidang-bidang lain seperti perbankan, koperasi, instansi pemerintah dan lain sebagainya.

Kompetensi Yang Diharapkan Industri
1. Merencanakan, menghasilkan dan mengembangkan berbagai produk industri dan sumber daya alam (hasil pertanian).
2. Memiliki kemampuan untuk melakukan proses transformasi input (bahan baku, mesin, modal tenaga kerja dan metode) dalam upaya meningkatkan nilai tambah produksi hasil pertanian.
3. Memiliki kemampuan dasar dalam mengelola suatu sistem agroindustri meliputi kemampuan managerial, rekayasa (engineering) penguasaan teknologi dan proses produksi dan mampu melakukan analisis usaha skala industri rumah tangga (usaha mikro, kecil dan menengah).
4. Memiliki kemampuan teknis dalam melakukan pengujian produk pangan dan (hasil pertanian) baik secara fisik, kimia, mikrobiologi dan organoleptik serta memahami sistem penjaminan mutu produk hasil pertanian (pangan).
5. Mampu secara mandiri menguasai bidang kerjanya dengan baik, kreatif dalam mengembangkan berbagai peralatan dan proses agroindustri.
6. Memiliki dedikasi yang tinggi, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi khususnya industri pertanian, arif dalam penanganan lingkungan serta aktif dalam pembangunan nasional.

Lihat Kurikulum

X