logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Jurusan Teknik Listrik

Jurusan Teknik Listrik hanya terdiri dari satu program studi yaitu Teknik Elektro(D3)

Struktur Organisasi:
Prodi Teknik Informatika
Ketua Jurusan : Erick Radwitya, S.ST., MT
Sekretaris Jurusan : Yudi Chandra, S.ST., MT
Koordinator Prodi : Akhdiyatul, SST., MT
Kepala Lab. Teknik Elektro : Heri Darmawan, ST

DIPLOMA III PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

VISI
“Menjadi Program Studi yang Berdaya Saing Tinggi dalam Menghasilkan Tenaga Ahli Vokasional di Bidang Teknik Elektro untuk Mendukung Visi Lembaga Sebagai Politeknik Unggul dan Terkemuka di Indonesia pada tahun 2030”

MISI
1) Menyelenggarakan pengelolaan Program Studi D3 Teknik Elektro Politeknik secara profesional, transparan dan akuntabel;
2) Menyelenggarakan pendidikan Program Studi D3 Teknik Elektro Politeknik menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) berstandar pendidikan kepoliteknikan dan KKNI yang fleksibel sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang berorientasi terapan;
3) Menyelenggarakan penelitian terapan yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, dunia kerja, dan memberikan kontribusi positif pada pengembangan kegiatan akademik.

TUJUAN
Tujuan dibentuknya program studi Teknik Elektro, yaitu:
1) Menciptakan sistem pengelolaan Program Studi D3 Teknik Elektro Politeknik yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan daya saing dan pencitraan publik institusi Politeknik di pasar kerja.
2) Menghasilkan lulusan D3 Politeknik bidang keahlian Teknik Elektro yang berkualitas dan kompeten dibidangnya.
3) Menghasilkan produk penelitian terapan yang berkualitas berupa publikasi ilmiah, paten atau produk komersial yang bermanfaat bagi kepentingan dan peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat.

PROFIL PROGRAM STUDI & KOMPETENSI UTAMA
Profil program studi dan kompetensi utama Program Studi Teknik Elektro adalah sebagai berikut:
1. Menjadi Ahli Madya yang mampu menyelesaikan pekerjaan perancangan instalasi tenaga listrik sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang mengacu kepada SNI ketenagalistrikan dan standar lain yang terkait (Electrical supervisor bidang Perancangan).
2. Menjadi Ahli Madya yang mampu merencanakan dan mempersiapkan pekerjaan pemasangan, mengidentifikasi penyimpangan hasil pemasangan dan membuat laporan pelaksanaan, dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan, keselamatan dan aspek lingkungan pada wilayah kerja instalansi listrik dan pemanfaatannya (Electrical supervisor bidang Konstruksi).
3. Menjadi Ahli Madya yang mampu merencanakan dan mempersiapkan kegiatan pemeliharaan, melaksanakan pemeliharaan, memeriksa dan menguji hasil pemeliharaan, membuat laporan pemeliharaan, dengan memperhatikan syarat teknis terkait dengan keamanan, keselamatan dan aspek lingkungan pada wilayah kerja instalansi listrik pemanfaat dan jaringan distribusi tegangan menengah (Electrical supervisor bidang Pemeliharaan).
4. Menjadi Ahli Madya yang mampu merencanakan operasi, mempersiapkan operasi, mengoperasikan, mengidentifikasi kelainan operasi, membuat laporan pengoperasian, dengan memperhatikan syarat teknis dengan keamanan, keselamatan dan aspek lingkungan pada wilayah kerja instalansi listrik pemanfaat, gardu konsumen (Electrical supervisor bidang Operasi).
5. Menjadi Ahli Madya yang memahami regulasi pengusahaan instalasi listrik, mampu membuat dokumen tender, melaksanakan pekerjaan kontraktor instalasi listrik dengan memperhatikan syarat teknis terkait regulasi, pajak, dan perijinan (Electrical installation contractor).

KOMPETENSI PENDUKUNG
1. Mampu menguasai konsep teoritis kelistrikan, elektronika, instrumentasi dan pengukuran, mesin listrik dan ilmu bahan.
2. Mampu menguasai prinsip dan teknik : Matematika Terapan, Mesin Listrik, PLC, Sistem Kendali, Rancangan Listrik, Instalasi Listrik, Mikrocontroller, Sistem Pembangkit, Trafo, Kubikal, Sistem Proteksi, Sistem Distribusi, CAD, Instalasi Tegangan Menengah, Elektronika Daya, Pemograman Komputer dan Gambar Teknik.
3. Mampu menguasai pengetahuan prosedural antara lain: Managemen Proyek, K3, SOP dan Standarisasi, Kewirausahaan, serta Etika Profesi.
4. Menguasai pengetahuan Teknik dan Teknologi isu terkini yang terkait dengan bidang ketenagalistrikan.
5. Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur.
6. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
7. Mampu menguasai salah satu bahasa asing, yaitu bahasa Inggris minimal pasif.
8. Mampu menerapkan manajemen leadership.

Lihat Kurikulum

X