logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin memiliki satu program studi yaitu Perawatan dan Perbaikan Mesin(D3).

Struktur Organisasi:
Ketua Jurusan/Prodi : Hairian Rahmadi, S.T., M.T.
Sekretaris Jurusan : Muh Anhar, S.T., M.T.
Koordinator Prodi : Hairian Rahmadi, S.T., M.T.
Kepala Bengkel/Laboratorium Teknik Mesin : Asep Ruchiyat, S.T., M.T

DIPLOMA III PROGRAM STUDI PERAWATAN & PERBAIKAN MESIN

VISI
“menjadi pusat pendidikan dan penelitian terapan dalam bidang teknik mesin, khususnya perawatan dan perbaikan mesin, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan, akhlak dan tanggung jawab yang selaras dengan Visi Politeknik Negeri Ketapang”.

MISI
“menyelenggarakan pendidikan vokasional dan penelitian terapan di bidang teknik mesin, khususnya perawatan dan perbaikan mesin, untuk menunjang pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat; membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis; mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang selaras dengan Misi Politeknik Negeri Ketapang”.

TUJUAN
a. Menghasilkan lulusan Ahli Madya (A.Md.) yang berkualitas dan kompeten untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin;
b. Menghasilkan produk baik berupa barang maupun jasa sebagai hasil karya penelitian terapan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
c. Menjadi pusat pendidikan dan latihan dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin untuk memfasilitasi dilaksanakannya program penelitian bagi tenaga kerja industri.

KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Utama

Memiliki kompetensi profesi di bidang perawatan dan perbaikan mesin yang meliputi dasar operasi, perawatan dan inspeksi serta dapat merancang sistem perawatan dan perbaikan mesin.

Kompetensi Penunjang
Menguasai teknologi terapan dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin yang mengacu pada kemutakhiran dan memiliki keunggulan bersaing.

Kompetensi yang diharapkan Industri
a. Menguasai dasar perawatan mesin;
b. Menguasai dan dapat melakukan perawatan mesin;
c. Menguasai dan dapat menganalisis kerusakan mesin;
d. Menguasai dan dapat merancang sistem perawatan dan perbaikan mesin;
e. Memiliki ketahanan mental dan etos kerja yang tinggi;
f. Memiliki jiwa wirausaha dan kemampuan manajerial pada tingkat menengah.

Lihat Kurikulum

X