logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Mahasiswa Asal Michigan University Berikan Kuliah Umum di Politap

Seorang Mahasiswa dari luar negeri yang merupakan kandidat PhD dari Universitas Michigan, Amerika Serikat bernama Andrew Bernard berkesempatan memberikan kuliah umum di Politeknik Negeri Ketapang pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 di aula Rektorat Lantai 2.

Pada kesempatan tersebut, Andrew menyampaikan kuliah umumnya dengan mengangkat tema, “Effect of Climate Change on Vertebrates Their Food and Forest Health” (Efek Perubahan Iklim pada Vertebrata, Makanannya dan Kesehatan Hutan). Materi yang Andrew sampaikan tersebut terkait tentang penelitiannya di Taman Nasional Gunung Palung.

Dalam kesempatannya, Andrew mengatakan dirinya sangat senang atas kesempatan untuk datang dalam undangan di Politeknik Negeri Ketapang untuk berbagi mengenai penelitiannya di Cabang Panti.

“Senang terutama pada waktu itu kesempatan untuk melibatkan asisten penelitian saya, Robi Kasianus dan Ahmad Dalim yang mempresentasikan sebagian dari materi. Keduanya baru dalam berbicara tentang hal ilmiah di depan umum dan sekarang mereka muncul sebagai pemimpin pemula dalam pelibatan masyarakat dan inisiatif konservasi. Kami berharap pembicaraan tentang ekologi, masyarakat dan perubahan iklim terus berlanjut dan menantikan lebih banyak peluang membagikan pengalaman kami,” paparnya.

Kuliah umum ini diikuti 96 peserta yang terdiri 80 mahasiswa dan 16 dosen. Dalam kesempatan kuliah umum tersebut, hadir pula Victoria Gehrke, selaku Direktur Program Yayasan Palung dan Mariamah Achmad selaku Manager Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung yang pada kegiatan tersebut sebagai moderator.

Sedangkan sebagai penerjemah dalam kuliah umum tersebut adalah Monalisa Pasaribu.

Pada kuliah umum tersebut, tidak sedikit mahasiswa dan mahasiswi yang bertanya mengapa peneliti dari luar negeri banyak meneliti di Indonesia, lebih khusus di Gunung Palung.

Apakah ada alasan positif atau pun negatif untuk meneliti di Indonesia? negatifnya, apakah di Indonesia perubahan iklim terlalu buruk? .

Positifnya, apakah Indonesia berpotensi bisa menahan laju perubahan iklim.

Intinya Andrew dekat dengan isu perubahan iklim, selain itu, ia (Andrew Bernard) memiliki profesor Antropologi yakni Andrew J. Marshall yang telah meneliti terkait vertebtrata jangka panjang di Gunung Palung sehingga Andrew Bernard lebih mudah untuk meneliti dan mencari solusi-solusi terkait masalah perubahan iklim yang ada.

Semua rangkaian kegiatan kuliah umum di Politeknik Negeri Ketapang berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari para peserta yang hadir.

Artikel ini juga tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Mahasiswa Asal Michigan University Berikan Kuliah Umum di Dua Kampus di Ketapang

Bagikan Ini :
Comments are closed.