skip to Main Content
Menu
MAKNA LAMBANG


Bintang bersudut lima, di sisi kanan dan kiri masing-masing berjumlah 5 buah
melambangkan: (1) Ketuhanan Yang Maha Esa yang menyatakan bahwa Politap menjunjung tinggi nilai-nilai agama, (2) Agama di Indonesia yang berjumlah lima agama yang menyatakan bahwa Politap akan menghasilkan manusia berakhlak mulia sebagai filter dari penerapan teknologi, dan (3) Cita-cita yang menyatakan bahwa Politap sebagai sarana untuk membantu masyarakat mewujudkan cita-citanya.

Buku melambangkan Politap sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Pena melambangkan Politap menghasilkan manusia yang mampu berkarya untuk membangun bangsa.

Api obor yang menyala melambangkan Politap ditujukan untuk menerangi/mencerdaskan masyarakat serta melambangkan semangat untuk terus maju.

Parang dan Mandau merupakan senjata khas Ketapang yang melambangkan Politap memberikan senjata berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didiknya sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan setelah menyelesaikan pendidikan.

Sayap melambangkan Politap terpacu untuk terus maju dan berkembang menuju kejayaan di bidang IPTEKS.

Pohon kedondong diambil dari logo Pemkab Ketapang melambangkan Politap dapat mengayomi yang lahir atas perjuangan Pemerintah Kabupaten Ketapang.

Buluh betung tujuh ruas melambangkan Politap menghasilkan intelektual-intelektual berkualitas yang nantinya menjadi tulang punggung dalam pembangunan.

Bintang bersudut delapan diambil dari logo Yayasan Pangeran Iranata melambangkan Politap pada awal pendirian dipayungi oleh Yayasan Pangeran Iranata Ketapang sebelum berubah status menjadi Politeknik Negeri Ketapang.

Bingkai logo yang sudutnya berjumlah 8 buah melambangkan arah mata angin dimana Politap diharapkan menghasilkan manusia unggul dan terampil yang bisa diarahkan ke berbagai bidang kehidupan.

Warna hijau melambangkan kesuburan.

Warna kuning melambangkan kemualiaan, lambang kejayaan dan keluhuran serta merupakan warna kebesaran Kerajaan Tanjungpura (sebuah kerajaan besar di Kalimantan yang berasal dari Ketapang).

Warna merah melambangkan keberanian.

Warna putih melambangkan suci, arif dan bijaksana.

Warna biru melambangkan kedamaian dan ketenagan.

Warna emas melambangkan kejayaan dan kekayaan.

Warna hitam melambangkan keteguhan dan kekuatan.

Back To Top
X