logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Politap Akan Rekrut Praktisi Menjadi Dosen Industri

Memanfaatkan peluang dan tantangan di era revolusi industry 4.0 perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia yang berkompeten agar mampu mewarnai dan menghasilkan lulusan yang unggul. Politeknik Negeri Ketapang sebagai salah satu Perguruan Tinggi vokasi terus berusaha berkolaborasi dengan industri melalui pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, Demikian disampaikan Endang Kusmana Direktur Politeknik Negeri Ketapang ketika membuka kegiatan kuliah umum program studi DIII perawatan dan perbaikan mesin dengan menghadirkan para praktisi dari PT. Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), salah satu perusahaan mitra Politeknik Negeri Ketapang di aula Politap Jumat 20 Desember 2019.

Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten dengan tujuan investasi utama di Kalimantan Barat dengan potensi daerah yang melimpah untuk pertanian, perkebunan dan pertambangan. Saat ini di Kabupaten Ketapang terdapat perusahaan-perusahaan besar baik internasional maupun nasional. Menindaklanjuti hal tersebut, Direktur Politeknik Negeri Ketapang menyatakan bahwa Politap harus berperan dalam penyiapan sumber daya manusia yang diperlukan industri sehingga Politap harus dekat dengan industri.

Wakil Direktur I Adha Panca Wardanu menyatakan pihaknya saat ini sedang berkomunikasi dengan beberapa praktisi untuk menjadi Dosen di Politeknik Negeri Ketapang, karena dengan melibatkan praktisi dia meyakini akan meningkatkan kualitas lulusan, saat ini pihaknya baru memberdayakan beberapa dosen sebagai dosen partimer dari Pemeritantah Daerah sesuai kompetensinya. Sementara Koordinator program studi DIII perawatan dan perbaikan mesin Yusuf menyatakan bahwa kolaborasi dengan pihak industri pada program  studinya akan diterapkan konsep dual system mulai Tahun Akademik 2020/2021 dengan menerapkan sistem pembelajaran 3-2-1 yaitu 3 semester di kelas, 2 semester di industri dan 1 semester untuk riset.

Narasumber dari PT. Kayung Agro Lestari (KAL) menyambut gembira pemberian kesempatan para praktisi untuk menjadi dosen industri, menurutnya ini merupakan bentuk tanggungjawab sosial perusahaan untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Ketapang.

Bagikan Ini :
Comments are closed.