logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Politap Ikut Sukseskan Program Relawan Pajak 2020

Relawan Pajak merupakan suatu tindak lanjut dari program Inklusi Kesadaran Pajak yang merupakan kerjasama lintas instansi antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dituangkan dalam nomor MoU-21/MK.03/2014 dan nomor 12/X/NK/2014 tentang Peningkatan Kesadaran Pajak Melalui Pendidikan.

“Inklusi Kesadaran Pajak ini tak hanya dibangun melalui jaur formal dengan memasukkan edukasi tentang pajak dengan kurikulum di perguruan tinggi, tetapi juga melalui jalur non formal dengan menyertakan seluruh elemen masyarakat salah satunya lewat program Relawan Pajak ini. Natinya Relawan Pajak ini akan membantu tugas Direktorat Jenderal Pajak dalam memberikan penyuluhan dan pengetahuan perpajakan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Ketapang,” kata Yudha Sanjaya Adiwibawa sebagai Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Ketapang dalam keterangan singkatnya.

Pada tahun ini Politeknik Negeri Ketapang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Politeknik Negeri Ketapang untuk mendaftar menjadi relawan pajak yang di selenggarakan oleh KPP Pratama Ketapang. Sebanyak 87 mahasiswa mendaftar menjadi relawan pajak dengan syarat utama adalah mahasiswa aktif Politeknik Negeri Ketapang. Pendafataran dibuka untuk semua jurusan yang ada di Politeknik Negeri Ketapang. Tahap pertama yang dilakukan para pendaftar adalah pengisian berkas melalui alamat https://tinyurl.com/relawanpajakketapang.

Setelah melalui tahap pengisian berkas, para pendaftar mengikuti rangkaian seleksi selanjutnya berupa wawancara yang di selenggarakan pada hari Senin, 10 Februari 2020 bertempat di kampus Politeknik Negeri Ketapang. Wawancara dilakukan selama 3 jam mulai pukul 10.00 – 13.00 WIB. Dalam kegiatan ini terdapat 6 orang pewawancara yang terdiri dari anggota tim Tax Center KPP Pratama Ketapang.

Tahapan wawancara yang dilakukan terdiri dari bagaimana kepribadian dari pewawancara, komitmen dalam berorganisasi dan pengetahuan yang mumpuni dalam bidang perpajakan. Dalam wawancara tidak hanya sekedar jawaban tapi pengetahuan dan etika juga di pertimbangkan.

Kegiatan wawancara dibuka langsung oleh Wakil Direktur III Politeknik Negeri Ketapang, Epriyandi. Dalam sambutannya, Epriyandi menyampaikan bahwa mahasiswa yang nantinya terpilih menjadi relawan pajak hendaknya bersungguh-sungguh melaksanakan tugas yang diberikan dengan sepenuh hati, sebab seluruh operasional kegiatan perkuliahan sepenuhnya disubsidi oleh negara dimana salah satu pendapatan negara bersumber dari pajak.

Bagikan Ini :
Comments are closed.