logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Politap Siap Terima Mahasiswa Baru Melalui Jalur Undangan

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) tahun 2020 resmi dibuka bersamaan dengan Peresmian SNMPN 2020 yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Jakarta, Depok Jakarta, (06/01/2020). Sebanyak 42 Politeknik Negeri se-Indonesia tergabung dalam Seleksi Nasional ini. Seleksi ini dulunya disebut PMDK, yang diselengarakan secara Nasional dari seleksi penelusuran minat dan kemampuan, tanpa tes tertulis. Tahun ini Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) mengganti istilahnya menjadi SNMPN. “Pertahun ini istilah PMDK-PN dirubah menjadi SNMPN. Namun mekanisme dan proses seleksi tetap sama seperti PMDK-PN. Pendaftarannya juga on-line,”terang Dr. Zainal Arief, ST, MT, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia pada acara Konferensi pers yang diadakan di Politeknik Negeri Jakarta.

Jalur seleksi ini merupakan salah satu jalur yang dari tahun ke tahun makin meningkat pesertanya dan diminati oleh siswa SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta. Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/ siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politeknik Pertanian Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. “Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut  menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut”, imbuhnya.

Terdapat ratusan program studi yang tersebar pada 42 politeknik negeri di Indonesia yang dapat dipilih oleh siswa melalui seleksi ini. Pendaftaran calon peserta/ siswa melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/ siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi. “Kami ingin membantu pemerintah dengan memberikan akses yang luas agar siswa-siswa berprestasi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,”tambah Zainal Arief.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) Endang Kusmana mengungkapkan “POLITAP  yang merupakan salah satu dari 42 Politeknik Negeri Se-Indonesia juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi calon peserta/ siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi terutama di kabupaten Ketapang. Adapun program studi yang tersedia di POLITAP yaitu Prodi D3 Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Prodi D3 Agroindustri, Prodi D3 Teknik Informatika, Prodi D3 Teknik Elektro/ Listrik, Prodi D3 Teknik Mesin dan Prodi D3 Teknik Pertambangan. Selain itu, untuk program Sarjana Terapan terdiri dari Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan dan Prodi Teknik Sipil”.  Keberadaan POLITAP yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi vokasi negeri yang ada di kabupaten Ketapang siap berkontribusi untuk kabupaten Ketapang dengan menghasilkan tenaga-tenaga vokasional yang profesional dalam mendukung pertumbuhan industri dan perekonomian di Ketapang selain untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi kabupaten Ketapang”. Ujarnya.

Ketika ditanya cara mekanismen pendaftaran, Endang Kusmana mengatakan “Sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia PMB POLITAP kepada masing-masing sekolah. Berikutnya,  sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 6 Maret 2020 mendatang dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini.

Informasi selengkapnya mengenai SNMPN silahkan diunduh melalui https://snmpn.politeknik.or.id
Pusat Bantuan SNMPN 2020:
Call center: 0804-1-567-567

Ikuti juga di sosial media:
1. Instagram : @PoliteknikAhlinya
2. Twitter : @PoltekAhlinya
3. Facebook : PoliteknikAhlinya

Bagikan Ini :
Comments are closed.