skip to Main Content
Menu
Prodi BTP Menyelenggarakan Mobilisasi Dosen Pakar

Prodi BTP Menyelenggarakan Mobilisasi Dosen Pakar

Dalam upaya peningkatan kualitas lulusan mahasiswa Program Diploma IV / Sarjana Terapan Pertanian (S.Tr.P.), Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan bersama Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melakukan kegiatan Mobilisasi Dosen Pakar bersama Prof. Dr. Rifda Naufalin, S.P., M.Si. dosen pakar/ahli dalam penguatan dan pengembangan kurikulum berbasis KKNI dan Afik Hardanto, P.hD, dosen pakar/ahli dalam penyusunan dan pendampingan pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

Program D4 Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Negeri Ketapang, diarahkan pada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, dengan dasar kemampuan profesional, termasuk keterampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggungjawab mandiri pada tingkat tertentu, memiliki keterampilan manajerial, serta mampu mengikuti perkembangan, pengetahuan, dan teknologi di dalam bidang keahliannya. Program Diploma Empat (Sarjana Terapan Pertanian/S.Tr.P) Budidaya Tanaman Perkebunan bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional sebagai motivator, dinamisator dan inovator dalam bidang budidaya.

Pelayanan adminitrasi dan akademik merupakan dua hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sebuah perguruan tinggi. Salah satu permasalahan dalam menjalankan pelayanan kepada mahasiswa di bidang akademik, diantaranya adalah penguatan dan pengembangan kurikulum program studi, dan pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

Program Mobilisasi Dosen Tahun 2018, merupakan program yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Program Mobilisasi Dosen Pakar/Ahli ditujukan untuk:

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran dan bahan ajar mata kuliah tertentu di Pertisasmelalui proses pembinaan dan pelatihan yang dilakukan DP-A dari Pertisum.
  2. Meningkatkan iklim akademikpenelitian/pengabdian kepada masyarakat dan keterampilan dosen Pertisas dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPM), pelaksanaan PPM, pembuatan laporan PPM, dan artikel ilmiah hasil kegiatan PPM melalui proses pembinaan dan pelatihan yang dilakukan olehDP-A dari Pertisum.
  3. Melengkapi dan menyempurnakan berbagai elengkapan institusi di Pertisas melalui proses pembinaan dan pelatihan yang dilakukan DP-A dari Pertisum.
  4. Membangun suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan kehidupan akademik di kampusPertisas;
  5. Membangun jejaring kerjasama antara Pertisas dengan berbagai lembaga lain termasuk dengan Pertisum asal DP-A.

Adanya program Mobilisasi Dosen Tahun 2018 ini, diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, khususnya Prodi. D4 Budidaya Tanaman Perkebunan POLITAP, melalui kegiatan Penguatan dan Pengembangan Kurikulum, sebagai langkah dan modal utama untuk melakukan revisi kurikulum, dan kegiatan Penyusunan dan pendampingan pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, untuk menyiapkan tenaga pendidik/dosen yang berkualitas di Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan. Adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat menghasilkan sistem yang baik dalam pengelolaan manajemen/organisasi, kurikulum, dan peningkatan kualitas pendidik/dosen, sehingga dapat menghasilkan lulusan (mahasiswa) yang berkualitas, kompeten, dan siap bersaing dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Bagikan Ini :
Back To Top
X