logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Rencana Aksi SPMI Politap

Penjaminan mutu pendidikan tinggi terdiri atas 3 (tiga) sub sistem, yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau Akreditasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri, dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) yang dikelola oleh setiap perguruan tinggi dan Kemenristekdikti, sebagai sumber data dan informasi implementasi SPMI dan SPME. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yaitu kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Karena itu SPMI harus direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan, dan dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi.

Demikian inti dari workshop Bimbingan Teknis SIstem Penjaminan Mutu Internal yang dilaksanakan di Pontianak tanggal 27 – 30 Maret 2019. Komitmen Politeknik Negeri Ketapang (Politap) untuk menerapkan SPMI dengan dikirimnya Wakil Direktur I bidang akademik, Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) dan Ketua Senat dalam kegiatan workshop tersebut. Komitmen itu dituangkan dalam Rencana Tindak Lanjut (RTL) Implementasi SPMI yang ditanda tangani oleh Tim Politap dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang meliputi 1). Penyusunan/penyempurnaan dokumen SPMI , 2).Implementasi SPMI.

Direktur Politeknik Negeri Ketapang, Endang Kusmana menyampaikan bahwa pihaknya tahun ini akan menuntaskan Rencana Tindak Lanjut (RTL) melalui langkah-langkah sebagai berikut : 1). menyiapkan dan mempelajari berbagai bahan, 2). melakukan benchmarking ke perguruan tinggi lain (jika dipandang perlu) untuk memperoleh informasi, pengalaman, dan saran atau mengundang nara sumber, 3). menyelenggarakan pertemuan dengan melibatkan para pemangku kepentingan internal dan eksternal perguruan tinggi sebagai wahana untuk mendapatkan berbagai saran, ide, atau informasi yang dapat digunakan dalam merumuskan Standar Dikti yang ditetapkan perguruan tinggi sendiri, 4). merumuskan Standar Dikti yang ditetapkan Politap, 5). melakukan uji publik hasil perumusan Standar Dikti yang ditetapkan perguruan tinggi sendiri kepada para pemangku kepentingan internal dan eksternal, untuk mendapatkan saran perbaikan atas Standar Dikti yang ditetapkan Politap, 6). melakukan revisi atas isi, redaksi, dan struktur kalimat rumusan Standar Dikti yang ditetapkan Politap dengan memperhatikan hasil uji publik, 7). menetapkan Standar Dikti yang ditetapkan Politap

Bagikan Ini :
Comments are closed.