logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Tujuh Mahasiswa Politap Terpilih Mewakili Kalbar

Mahasiswa Politeknik Negeri Ketapang (Politap) kembali mengukir prestasi di bidang olahraga. Tujuh mahasiswa Politap brehasil lolos seleksi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di Jakarta tahun 2019. Mereka diantaranya Siti Fatimah (mahasiswa D4 Teknik Sipil) cabang olahraga atletik lari 100 meter putri, Syarif M Idris (mahasiswa D3 TPHP) cabang olahraga Futsal, Eswin Lambogia (Mahasiswa D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin) cabang olahraga karate, serta Elma Muliana (D4 Teknik Sipil), Novia Sari (D4 Teknik Sipil) dan Egi Rusmanto (D3 Teknik Informatika) di cabang olahraga bola volly pasir.

Seleksi tingkat provinsi dilaksanakan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) Kalimantan Barat di Pontianak, 17-23 Juni 2019. Seleksi hampir diikuti hampir seluruh perguruan tinggi di Kalbar, baik PTN maupun PTS.

Epriyandi wakil direktur III Politap menyatakan bahwa Politap mengirimkan 14 kontingen untuk mengikuti cabang olahraga Bola Volly Pasir, Futsal, Karate dan Atletik. “Keikutsertaan mahasiswa Politap pada bidang olahraga ini merupakan upaya meningkatkan prestasi non akademik sebagai bagian peningkatan kualitas pembelajaran kemahasiswaan,” ujar Ketua Kontingen POMDA Politap ini.

Pada tempat terpisah, Direktur Politap, Endang Kusmana menyatakan bahwa partisipasi aktif Politap dalam berbagai even lokal, nasional dan internasional akan terus didorong sebagai bagian program berkelanjutan, meliputi bidang minat bakar, penalaran dan kreativitas, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, organisasi kemahasiswaan dan penyelarasan dunia kerja.

Endang menambahkan sasaran bidang minat dan bakat diharapkan Politap lolos pada POMNAS XVI di Jakarta tahun 2019 dan berprestasi pada Pekan Olahraga dan Seni Politeknik se-Indonesia di Banjarmasin tahun 2020. Sasaran bidang penalaran dan kreativitas diarahkan agar setiap program studi lolos pada berbagai even sesuai kompetensi program studi misalnya lomba robot nasional, lomba kekuatan beton, pemenang program kreativitas mahasiswa dan sejenisnya.

Sasaran bidang kesejahteraan mahasiswa diarahkan agar jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa dan fasilitas lainnya semakin meningkat. Sasaran bidang kewirausahaan diarahkan agar jumlah mahasiswa berwirausaha terus meningkat melalui Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan program Politap Entrepreneurship.

Sasaran bidang organisasi kemahasiswaan diarahkan agar organisasi kemahasiswaan di lingkungan Politap bisa berperan secara aktif dalam mendukung visi, misi, tjuan dan sasaran. Misalnya saat ini Presiden Mahasiswa Politap baru terpilih sebagai fungsionaris nasional koordinator bidang komunikasi mahasiswa Politeknik se-Indonesia periode 2019/2020 di Palembang. Serta sasaran bidang penyelarasan dunia kerja diarahkan kepada sinergi dan kolaborasi sistem kurikulum dengan dunia kerja.(mde/ser)

sumber: Pontianak Post edisi Selasa, Tanggal 2 Juli 2019 halaman 11

Bagikan Ini :
Comments are closed.