logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

48 Buku Ajar Dosen Politap Direviu Untuk Siap Cetak

Upaya mewujudkan mutu Pendidikan serta kemampuan dosen, Politeknik Negeri Ketapang melalui Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4MP) menyelenggarakan Pelatihan Pertama Penulisan Buku Ajar Bagi Dosen Politap Tahun 2020 secara Virtual. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dan dibagi menjadi 2 sesi Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan materi: “Teknik Penulisan Buku Ajar” kemudian di sesi kedua dengan materi: “Pembahasan Teknis Naskah/Draft Buku Ajar”. Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Direktur, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi serta Dosen dari masing-masing prodi dalam lingkup Politap dengan jumlah peserta keseluruhan yaitu 49 Orang Dosen. Kemudian ada juga beberapa peserta dari luar yang antusias mengikuti kegiatan ini yaitu dari Politeknik Negeri Pontianak dan Universitas Muhammadiyah Pontianak berjumlah 5 orang peserta dosen.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dan memiliki kemampuan dan pengalaman menulis ratusan buku yaitu Ibu Dr. Hj. Rani Siti Fitriani, S.S., M. Hum (Direktur Penerbit Semiotika IKAPI Jabar) dan Ketua KODEPENA (Komunitas Dosen, Penulis, Peneliti Indonesia).  Kegiatan Pelatihan Penulisan Buku Ajar ini dibuka secara resmi oleh Endang Kusmana, Direktur Politeknik Negeri Ketapang. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi dan mendorong para dosen di lingkungan Politap untuk bisa aktif menulis buku ajar yang merupakan kewajiban bagi seorang dosen, selain itu melatih dan meningkatkan kemampuan dosen/ staf mengajar dalam menulis buku yang berkualitas, dimana dari kegiatan ini

Direktur Politap dalam pembukaan kegiatan ini menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Bekerja Produktif dan Berkinerja dari Rumah selama masa covid-19, Dosen selama masa covid ini selain melengkapi semua Rencana Pembelajaran Semester (RPS), juga mendorong para dosen untuk menyusun Buku Ajar, pihaknya merancang bahwa kegiatan tidak akan berakhir pada pelatihan Buku Ajar tetapi sampai dengan cetak buku Ajar, Direktur menyambut gembira dalam pelatihan ini sudah terkumpul 48 Buku Ajar untuk direviu menjadi buku yang siap cetak

Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4MP). Sy. Indra Septiansyah yang didampingi Koordinator Pengembangan Pembelajaran Alfath Desita Juniar, menjelaskan bahwa kegiatan penulisan Buku Ajar ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan sebagai bentuk dorongan untuk meningkatkan minat dosen dalam menulis dan menciptakan suatu karya buku. Hal ini disebabkan sebagian dosen masih belum memahami tata cara penulisan bahan ajar yang tepat. Karna untuk menyusun buku ajar yang baik, seorang dosen harus memiliki berbagai referensi yang relevan, terkini dan terpercaya. oleh karena itu untuk menghasilkan buku yang berkualitas dosen perlu mengetahui teknik penulisan dan pengorganisasian bahan ajar yang baik sehingga mampu menulis buku ajar tidak hanya satu buku yang dihasilkan akan tetapi lebih dari satu nantinya,  sehingga sangat penting untuk mengadakan kegiatan pelatihan buku ajar ini ujarnya.

Pada sesi pertama ibu Rani dengan sebutan akrabnya menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan buku ajar adalah buku pegangan untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun langsung oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah buku teks sehingga dapat diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan. Pada kesempatan ini  ibu Rani juga mengajarkan  mulai dari Kriteria Buku Ajar yang baik, Format Buku Ajar, Anatomi, Cover Buku, Pembuka Buku, Isi Buku hingga Penutup Buku. Menurut beliau menulis itu mengalir saja (let it flow), menulis itu dimulai dari hal yang termudah dulu, tidak usah dipikirkan bagus tidaknya tulisan kita yang penting adalah ada upaya, usaha untuk menulis ujar beliau. Pada saat menulis sumbernya bisa berasal dari materi power point dan RPS yang kita ajarkan disetiap pertemuan, pada waktu luang digunakan waktu untuk membahas materi yang kita buat tersebut atau menjelaskan lebih terinci dalam satu halaman atau lebih sehingga kalau ditekuni, maka akan terkumpul menjadi sebuah buku ujarnya.

Pada sesi kedua beliau membahas secara teknis draft/ naskah mentah buku ajar yang telah ditugaskan narasumber dan dibuat oleh dosen politap sebelumnya. Ibu rani me-review draft buku ajar beberapa dosen, membahas secara rinci dan memberikan saran dan masukan mulai dari  Kaidah Penulisan yang sesuai PUBEI dan TBBBI serta KTI, penggunaan bahasa yang efektif dan efisien juga mudah dipahami, penggunakan gambar, tabel atau lainnya yang nantinya akan disusun dengan tujuan pembelajaran atau kompetensinya. Secara umum bahwa apa yang disampaikan oleh narasumber sangat menarik dan sangat memotivasi kita untuk bisa aktif menulis. Semoga setalah pelatihan ini banyak dosen yang termotivasi untuk menulis buku ajar dan buku ajar yang bisa nantinya digunakan dalam proses pembelajaran mahasiswa Politap dan target utamanya juga karya tersebut menghasilkan Buku Ajar Dosen yang ber-ISBN.

Bagikan Ini :
Comments are closed.