logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Cegah Corona, Politap Adakan Tes Mandiri Secara Online

Sebanyak 200 peserta Ujian Seleksi Mandiri (USM) Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)  Jalur Mandiri. Pelaksanaan ujian tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu (24-25/7/2020). Pelaksanaan Ujian Masuk Jalur Mandiri, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini pelaksanaan ujian dilaksanakan dalam masa pendemi Coronavirus Disease 2019 (COVID 19), sehingga pelaksanaannya dilakukan melalui daring (online) dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

Pelaksanaan ujian tersebut dilaksanakan di kampus POLITAP dengan menerapkan protocol kesehatan. Selain itu bagi peserta yang tidak dapat hadir di kampus POLITAP, pelaksanaan ujian juga dapat dilaksanakan meski dari rumah melalui online. Alternatif pelaksanaan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi aktivitas perpindahan orang dari tiap daerah dalam upaya mencegah terjadinya penyebaran dan penularan COVID 19, mengingat peserta ujian berasal dari berbagai kecamatan yang ada di kabupaten Ketapang dan di kabupaten Kayong utara.

Wakil Direktur 1 bidang akademik Adha Panca Wardanu, selaku penanggungjawab program PMB mengatakan “Peserta ujian yang hadir di kampus POLITAP, diwajibkan untuk mengikuti ketentuan dan tata tertib pelaksanaan ujian. Hadir satu jam sebelum ujian dimulai dan diwajibkan menggunakan masker serta diberlakukan protocol kesehatan. Peserta menjalani pengecekan suhu tubuh dan diwajibkan mencuci tangan. Peserta ujian yang tidak mengenakan masker dan terdeteksi memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat, juga tak diperbolehkan masuk area kampus. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona”, Ungkapnya.

Ujian di hari pertama dan kedua sendiri dibagi dua sesi, sesi pertama dilakukan sejak pukul 09.00-11.10 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 13.30 – 15.10 WIB. Pelaksanaan dilakukan di laboratorium komputer program studi Teknik informatika. Sebelum memulai ujian peserta diberikan arahan tentang tata cara pengerjaan soal dengan menggunakan sistem CBT, selain itu juga peserta diberi kesempatan untuk melakukan ujian percobaan selama 10 menit sebelum memulai test.

Kegiatan ujian masuk yang dilakukan di kampus POLITAP berjalan lancar dan tertib, namun untuk beberapa peserta yang melakukan ujian dari luar kampus ada yang terhambat oleh koneksi  internet yang tidak stabil didaerah-daerah hulu. Hal tersebut disampaikan Nelly Kurnila selaku penanggungjawab kegiatan PMB.  “Namun secara keseluruhan pelaksanaan USM POLITAP tahun 2020 berjalan dengan lancar dan tertib meski dalam kondisi pendemi COVID 19 dan tetap menjalan protocol kesehatan dengan ketat”, tambahnya.

Sebagai informasi pelaksanaan USM POLITAP Jalur Mandiri merupakan jalur terakhir untuk masuk di POLITAP, karena sebelumnya juga sudah dilaksanakan ujian masuk melalui jalur SNMPN dan SBMPN yang dilakukan secara nasional dan serentak dengan 43 Politeknik Negeri Se-Indonesia. Untuk tahun ini, POLITAP akan menerima 480 orang mahasiswa dari tiga jalur masuk  yang akan dididik menjadai tenaga vokasional yang ahli dibidangnya melalui program studi yang ada di POLITAP. (apw)

Bagikan Ini :
Comments are closed.