Politap Four S ( Smart, Speed, Sincere, Solid)

FDPNI Launching Seleksi Nasional Masuk

Politeknik Negeri 2021

Senin (11/01/2021). Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Se-Indonesia resmi dibuka, sebanyak  44 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) yang dilakukan secara daring via zoom dan live youtube  Launching SNMPN 2021 dihadiri oleh 44 Direktur Politeknik se-Indinesia dan Kepala Sekolah SMK se-Indonesia.

Launching ini menghadirkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto S.T., M.Sc., Ph.D.,  Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., dan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Dr. Zainal Arief, ST, MT) sebagai narasumber.

Jalur seleksi ini merupakan salah satu jalur masuk Politeknik Negeri yang diminati oleh siswa SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta. Awalnya tes masuk ini sejak tahun 2014 disebut PMDK-PN dan  sejak tahun 2020 FDPNI mengganti sebutannya menjadi SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri). “Untuk tahun 2021 ini SNMPN khusus dilakukan untuk jenjang Diploma 3 (D3), sedangkan untuk jenjang Diploma 4/Sarjana Terapan ikut SNMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),  mekanisme dan proses seleksi tetap sama seperti tahun 2020 dilakukan pendaftaran secara on-line dan seleksi portofolio” terang Zainal Arief Ketua FDPNI

Jalur SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan untuk siswa yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pendaftaran calon peserta melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya, jalur SNMPN mengakomodir calon peserta/ siswa yang diterima dan berasal dari keluarga yang tidak mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang relatif baik sebagai peserta program Kartu Indonesia Pintar (KIP_ Kuliah) Info lebih lanjut bisa diakses melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah.

Selanjutnya sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 11 Januari 2021 sampai 12 maret 2021 mendatang dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini

Politeknik Negeri Ketapang membuka jalur SNMPN untuk 6 program studi Diploma III, “Silakan manfaatkan jalur SNMPN ini secara optimal oleh seluruh siswa di SMK, SMA dan MAN untuk mendapatkan pendidikan terbaik di Politeknik sebagai passion untuk menjadi tenaga kerja siap terampil” Kata Wakil Direktur I Adha Panca Wardhanu.

Informasi selengkapnya mengenai SNMPN silahkan diunduh melalui https://snmpn.politeknik.or.id

Bagikan Berita Ini