Industri Internasional Di Ketapang Berkomitmen Membangun Vokasi Dari Desa

Rabu 2 Desember 2020, bertempat di Ballroom Hotel Nevada Ketapang, Politeknik Negeri Ketapang menyelenggarakan Penandatanganan Komitmen Bersama untuk mendukung program Politap Membangun Vokasi Dari Desa. Kegiatan ini menghadirkan Pemerintah Daerah, Pihak Industri dan dunia kerja (Iduka), SMK dan Politeknik Negeri Ketapang sebagai tuan rumah. Tujuan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan Direktur ke beberapa Iduka dan merupakan evaluasi dalam program penguatan link and match Politeknik Negeri Ketapang dengan Iduka.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, pihak industri antara lain PT.Sinar Mas Group, Cargill Group, PT.Bumitama Gunajaya Agro, PT.BSM New Materials, PT.Ketapang Industrial Park, PLTU Ketapang, PLTD Ketapang, PLTU Arya Power Tembilok, PT.DSKA, PT.Hexindo Adiperkasa, Bulog Divre Ketapang, pihak SKPD DInas Pendidikan, Dinas PU, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Penanaman Modal Ketapang, Balai Taman Nasional Gunung Palong,  International Animal Rescue (NGO Internasional), sedangkan pihak SMK turut hadir SMKN 2 Ketapang, SMKN 1 Muara Pawan dan MAN 2 Ketapang.

Endang Kusmana dalam sambutan pembukaan kegiatan ini menyatakan bahwa Politap berkomitmen untuk melakukan sinergi dengan pemerintah daerah, Iduka, SMK dengan mempertimbangkan perencanaaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan, menurutnya komitmen mutu akan mendorong inovasi. Pihaknya berterimakasih kepada industri di Ketapang yang secara konsisten mendukung link and match Politap dengan Iduka.  Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Heronimus Tanam menyambut gembira komitmen bersama dari industri yang ada di Ketapang dalam mendorong pembangunan sumber daya manusia di Ketapang yang dipelopori Politeknik Negeri Ketapang.

Kegiatan kali ini menghadirkan 4 narasumber sebagai sharing informasi terkait good practice kerjasama Politap dengan industri. Agung Sasmita Direktur PT.Dua Sinar Ketapang Abadi (DSKA) menyatakan sangat menikmati kerjasama dengan Politap terutama terkait penggunaan Dosen Politap bidang sipil sebagai dosen praktisi di perusahaannya  yang dikelola untuk produksi beton sejak merancang kualitas mutu beton, quality control material dan mengontrol mutu lapangan untuk seluruh pekerjaan yang dilaksanakan perusahaan, sementara Sularno Pimpinan Sinar Mas Group Ketapang pihaknya siap mendorong penguatan pendidikan vokasi  melalui kelas kerjasama untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang unggul baik hardskill, softskill, moral, integritas dan  kejujuran, sementara Erini Kepala Sekolah SMKN 2 Ketapang mendukung penuh sinergi SMK dengan Politap  sebagai role model penguatan vokasi melalui kelas fast track yang juga melibatkan SMKN 1 Muara Pawan, PT. Kayong Agro Lestari dan PT. Sampoerna Group.

Sementara itu Ketua Pokja Kerjasama Politap Martanto menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan usaha Politap untuk memperkuat Politap Membangun Vokasi Dari Desa, menurutnya ia bersyukur perusahaan-perusahaan internasional di Ketapang berkomitmen untuk terus terlibat dalam penguatan pendidikan vokasi dan juga didukung Pemerintah Daerah Ketapang, SMK dan pihak terkait  lainnya.

Bagikan Ini :