Politap Four S ( Smart, Speed, Sincere, Solid)

Jurusan & Program Studi

Jurusan Pengolahan Hasil Perkebunan

Jurusan Pengelolaan Hasil Perkebunan terdiri dari tiga program studi yaitu Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan(D3), Budidaya Tanaman Perkebunan(D4) dan Agroindustri(D3).

Struktur Organisasi:
Ketua Jurusan : Nenengsih Verawati, S.TP., M.P.
Sekretaris Jurusan : Nurhayati, S.P., M.Si
Koordinator Prodi TPHP : Isye Selvianti, S.H.,M.A.P
Koordinator Prodi BTP : Assrorudin, S.Pd., M.Pd
Koordinator Agroindustri : Irfan Cholid, S.P., M.MA
Kepala Laboratorium TPHP : Dian Fitriarni, SST., M.Sc.
Kepala Laboratorium Mutu dan Mikrobiologi : Rosmalinda, S.ST., M.P
Kepala Laboratorium Rekayasa : Sopiana, S.P., M.Si

DIPLOMA III PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERKEBUNAN

VISI
‚ÄúPada tahun 2030 menjadi program studi yang unggul dan terkemuka di tingkat Nasional dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi, penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pengolahan hasil perkebunan yang bermutu dan berkelanjutan‚ÄĚ.

MISI
a. Menyelenggarakan pendidikan vokasional untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Teknologi pengolahan hasil perkebunan, berdaya saing tinggi, dan bertaqwa;
b. Menyelenggarakan dan menyebarluaskan penelitian terapan di bidang Teknologi pengolahan hasil perkebunan;
c. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknologi pengolahan hasil perkebunan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat;
d. Menciptakan iklim kehidupan akademik yang nyaman, dinamis, produktif, dan berakhlak mulia.

TUJUAN
a. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang profesional, berdaya saing dan bertaqwa;
b. Menghasilkan Produk baik berupa barang maupun jasa untuk mendukung kesejahteraan masyarakat;
c. Menghasilkan kerjasama yang harmonis dengan Stakcholders di bidang teknologi pengolahan hasil perkebunan;
d. Terciptanya iklim kehidupan akademik yang nyaman, dinamis, produktif dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Utama
Memiliki kompetensi profesi di bidang teknologi pengolahan hasil perkebunan yang mampu menangani produk-produk hasil perkebunan dan teknologi pengolahannya.

Kompetensi Penunjang
Menguasai pengetahuan dan teknologi terapan di bidang teknologi pengolahan hasil perkebunan serta mampu berkomunikasi secara efektif dan memiliki keterampilan manajerial dengan ketahanan mental yang tinggi bekerja di lapangan industri perkebunan.

DIPLOMA IV PROGRAM STUDI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN

VISI
‚ÄúMenjadi Program Studi Vokasi Unggul dan Terkemuka di Bidang Pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan Tingkat Regional dan Nasional pada Tahun 2025‚ÄĚ

MISI
a. Melaksanakan pendidikan pada tingkat diploma pada bidang pertanian khususnya perkebunan.
b. Komitmen pada pendidikan dan pengajaran berkualitas untuk menghasilkan lulusan terbaik yang dapat mendukung upaya peningkatan pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan serta mampu mengembangkan bisnis pertanian.
c. Mengimplementasikan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan guna mendukung pencapaian ketahanan pangan nasional.

TUJUAN
Tujuan Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan adalah memberikan dan membekali para mahasiswa dan alumninya berbagai kompetensi/keahlian vokasional yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan standar dunia kerja baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional, termasuk tuntutan pasar kerja tentunya. Adapun tujuan tersebut tentunya merupakan penjabaran dari visi dan misi Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan. Tujuan prodi diantaranya:
a. Berperan secara aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan maupun seni di bidang pertanian, khususnya perkebunan.
b. Meningkatkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan, maupun seni di bidang pertanian, khususnya perkebunan melalui penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran vokasional, penelitian terapan maupun pengabdian kepada masyarakat yang secara keseluruhan diperuntukan bagi terwujudnya ketahanan pangan.
c. Meningkatkan mutu fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran untuk mewujudkan suasana akademik yang kondusif, aman, nyaman dan asri, serta bermanfaat bagi sivitas akademika khususnya di unit kerja Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan.
d. Meningkatkan produktivitas dan mutu luaran yang mandiri dan berwawasan global, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan pembangunan di bidang pertanian lebih khusus perkebunan yang berkelanjutan, dalam mendukung tercapainya ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat.
e. Membangun jejaring dan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan pihak luar khususnya pemerintah, dunia usaha dan industri, serta perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmu pengetahuan, dan teknologi, dan lembaga/instansi lainnya yang terkait di bidang pertanian, khususnya perkebunan baik dalam maupun luar negeri untuk terwujudnya Motto Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan ‚ÄúUnggul, Terdepan, dan Berkelanjutan‚ÄĚ.

PROFIL LULUSAN
a. Manajer bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang memiliki integritas.
b. Peneliti bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inovatif, terapan dan berkelanjutan.
c. Pendidik bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inspiratif.
d. Penyuluh bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang komunikatif dan kreatif.
e. Pengusaha bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang berwawasan lingkungan.

DIPLOMA III PROGRAM STUDI AGROINDUSTRI

Program studi Agroindustri berdiri pada tanggal 4 Mei 2015 sesuai dengan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No 331 / M / Kp / V / 2015. Program studi Agroinudstri bertujuan Menghasilkan lulusan sebagai Ahli Madya (A.Md.) yang profesional  dalam bidang agroindustri yang memiliki kompetensi dalam penanganan dan pengelolaan hasil pertanian serta pengawasan mutu hasil pertanian, terampil di bidang agroindustri, berjiwa wirausaha, mandiri, berwawasan lingkungan dan menguasai teknologi informasi yang mampubersaing di dunia kerja dan usaha serta menjujung tinggi nilai-nilai etika dan akhlak yang baik

VISI
‚ÄúPada Tahun 2025 : Menjadi pusat layanan yang unggul dalam pendidikan, pembelajaran dan alih ketrampilan serta teknologi di bidang agroindustri yang ramah lingkungan dan berkesinambungan‚ÄĚ.

MISI
Misi menggambarkan tugas pokok dan fungsi dari Program Studi Agroindustri dalam penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Politeknik Negeri Ketapang, yaitu:
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi di bidang agroindustri yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat dan industri pengguna jasa pendidikan tinggi yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Menyelenggarakan dan memfasilitasi penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang agroindustri yang ramah lingkungan dan berkesinambungan serta bermanfaat bagi masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.
3. Menyelenggarakan sistem pengelolaan pendidikan vokasi di bidang agroindustri yang profesional, akuntabilitas, inovatif dan berdaya saing.
4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/institusi di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
5. Membentuk insan cendikia terampil di bidang agroindustri yang berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berwawasan lingkungan dan menguasai teknologi informasi yang mampu bersaing di dunia kerja dan usaha serta menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan akhlak yang baik.

TUJUAN
Tujuan diturunkan dari visi program studi sebagai salah satu ukuran kinerja penyelenggaraan pendidikan oleh program studi. Tujuan penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Agroindustri adalah:
1. Menghasilkan lulusan sebagai Ahli Madya (A.Md.) yang profesional dalam bidang agroindustri yang memiliki kompetensi dalam penanganan dan pengelolaan hasil pertanian serta pengawasan mutu hasil pertanian.
2. Menerapkan hasil-hasil riset dan pengembangan di bidang agroindustri (Industri pertanian) melalui jaringan kerjasama dengan masyarakat, dunia usaha, industri dan instansi lain.
3. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan vokasi di bidang agroindustri yang profesional, akuntabilitas, inovatif dan berdaya saing.
4. Menyelenggarakan kerja sama dengan industri dalam bidang jasa penanganan dan pengolahan, pengawasan mutu hasil pertanian di tingkat lokal, nasional dan internasional.
5. Menghasilkan insan cendikia terampil di bidang agroindustri yang berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berwawasan lingkungan dan menguasai teknologi informasi yang mampu bersaing di dunia kerja dan usaha serta menjujung tinggi nilai-nilai etika dan akhlak yang baik.

KOMPETENSI LULUSAN
Profil
Lulusan program studi agroindustri berkesempatan untuk bekerja pada beberapa bidang antara lain adalah:
1. Pengawas/Supervisior Produksi Industri Pengolahan Hasil Pertanian.
2. Pengawas Mutu/Quality Control (QC) pada Industri Pengolahan Hasil.
3. Pendamping Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
4. Wirausaha di bidang Agroindustri/Industri Pengolahan Hasil Pertanian.
5. Serta bekerja di bidang-bidang lain seperti perbankan, koperasi, instansi pemerintah dan lain sebagainya.

Kompetensi Yang Diharapkan Industri
1. Merencanakan, menghasilkan dan mengembangkan berbagai produk industri dan sumber daya alam (hasil pertanian).
2. Memiliki kemampuan untuk melakukan proses transformasi input (bahan baku, mesin, modal tenaga kerja dan metode) dalam upaya meningkatkan nilai tambah produksi hasil pertanian.
3. Memiliki kemampuan dasar dalam mengelola suatu sistem agroindustri meliputi kemampuan managerial, rekayasa (engineering) penguasaan teknologi dan proses produksi dan mampu melakukan analisis usaha skala industri rumah tangga (usaha mikro, kecil dan menengah).
4. Memiliki kemampuan teknis dalam melakukan pengujian produk pangan dan (hasil pertanian) baik secara fisik, kimia, mikrobiologi dan organoleptik serta memahami sistem penjaminan mutu produk hasil pertanian (pangan).
5. Mampu secara mandiri menguasai bidang kerjanya dengan baik, kreatif dalam mengembangkan berbagai peralatan dan proses agroindustri.
6. Memiliki dedikasi yang tinggi, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi khususnya industri pertanian, arif dalam penanganan lingkungan serta aktif dalam pembangunan nasional.

Telpon             : (0534) 3030686
Email               : agroindustry@politap.ac.id
Website           : agroindustri.politap.ac.id

Jurusan Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan memiliki satu program studi yaitu Teknik Pertambangan(D3).

Struktur Organisasi:
Ketua Jurusan: Herman, S.Si., M.T
Sekretaris Jurusan : Sartika, S.Si., M.T
Koordinator Prodi : Firman, S.Pd., M.P.Fis
Kepala Lab. Teknik Pertambangan : Syarifah Aqla, S.Pd., M.T

 

DIPLOMA III PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN

 

VISI
‚Äúmenjadikan program studi Teknik Pertambangan jurusan Teknik Pertambangan Politeknik Negeri Ketapang sebagai institusi penyelenggara program pendidikan vokasi yang unggul di bidang Teknik Pertambangan dan memiliki keunggulan bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi terapan dengan menjunjung tinggi kebudayaan nasional dan wawasan pelestarian lingkungan yang selaras dengan Visi Politeknik Negeri Ketapang‚ÄĚ.

 

MISI
“menyelenggarakan program pendidikan vokasi yang terakreditasi secara institusional di bidang Teknik Pertambangan dan memiliki daya saing di pasar global; mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Teknik Pertambangan yang relevan dengan kebutuhan industri; mengembangkan penelitian terapan bidang Teknik Pertambangan sebagai penggerak utama dilaksanakannya dharma pengabdian kepada masyarakat; menghasilkan lulusan yang mudah beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki kemampuan manajerial dan berjiwa wirausaha; berperan serta secara aktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Ketapang, dengan meningkatkan keahlian secara berkelanjutan untuk membantu memecahkan masalah lokal yang berhubungan dengan bidang Teknik Pertambangan.

 

TUJUAN
1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang Teknik Pertambangan untuk menghasilkan lulusan unggul yang memiliki
kekhasan dan berkepribadian serta memiliki keunggulan bersaing;
2. Mengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan untuk mendukung pembangunan bidang Teknik Pertambangan;
3. Menerapkan hasil-hasil penelitian sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat;
4. Menciptakan iklim akademik yang sehat dan dinamis;
5. Mengembangkan kerjasama yang lebih erat dan saling menguntungkan dengan pihak-pihak yang peduli dan berkepentingan dengan profesi Teknik Pertambangan.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama
Memiliki kompetensi profesi di bidang teknik pertambangan yang mampu menangani pekerjaan pencarian sumberdaya mineral dan bahan galian serta penambangan dan pengolahannya.

Kompetensi Penunjang
Menguasai teori dasar proses pembentukan mineral pada batuan, menggunakan peralatan survey pemetaan/geologi, menggunakan peralatan laboratorium bahan galian/batuan, menguasai metode eksplorasi pertambangan, menguasai metode pengendalian dampak lingkungan, menguasai keselamatan dan kesehatan kerja di bidang pertambangan, dan menggunakan peralatan multimedia pengolah data.

Kompetensi yang diharapkan Industri
a. Mampu melakukan survey pemetaan kawasan dan geologi pertambangan;
b. Mampu menggunakan peralatan multimedia untuk mengolah data pertambangan;
c. Mampu menentukan kadar kandungan mineral dalam batuan;
d. Mampu mengeksplorasi bahan tambang;
e. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris;
f. Memiliki kemampuan manajerial yang berhubungan dengan pekerjaan bidang pertambangan;
g. Memiliki ketahanan mental bekerja di lokasi perusahaan pertambangan dengan etos kerja yang tinggi.

Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin memiliki satu program studi yaitu Perawatan dan Perbaikan Mesin(D3).

Struktur Organisasi:
Ketua Jurusan/Prodi : Muh Anhar, S.T., M.T.
Koordinator Prodi : Yusuf, S.T., M.T.
Kepala Bengkel/Laboratorium Teknik Mesin : Asep Ruchiyat, S.T., M.T

 

DIPLOMA III PROGRAM STUDI PERAWATAN & PERBAIKAN MESIN

 

VISI
‚Äúmenjadi pusat pendidikan dan penelitian terapan dalam bidang teknik mesin, khususnya perawatan dan perbaikan mesin, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan, akhlak dan tanggung jawab yang selaras dengan Visi Politeknik Negeri Ketapang‚ÄĚ.

 

MISI
‚Äúmenyelenggarakan pendidikan vokasional dan penelitian terapan di bidang teknik mesin, khususnya perawatan dan perbaikan mesin, untuk menunjang pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat; membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis; mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang selaras dengan Misi Politeknik Negeri Ketapang‚ÄĚ.

TUJUAN
a. Menghasilkan lulusan Ahli Madya (A.Md.) yang berkualitas dan kompeten untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin;
b. Menghasilkan produk baik berupa barang maupun jasa sebagai hasil karya penelitian terapan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
c. Menjadi pusat pendidikan dan latihan dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin untuk memfasilitasi dilaksanakannya program penelitian bagi tenaga kerja industri.

 

KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Utama

Memiliki kompetensi profesi di bidang perawatan dan perbaikan mesin yang meliputi dasar operasi, perawatan dan inspeksi serta dapat merancang sistem perawatan dan perbaikan mesin.

Kompetensi Penunjang
Menguasai teknologi terapan dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin yang mengacu pada kemutakhiran dan memiliki keunggulan bersaing.

Kompetensi yang diharapkan Industri
a. Menguasai dasar perawatan mesin;
b. Menguasai dan dapat melakukan perawatan mesin;
c. Menguasai dan dapat menganalisis kerusakan mesin;
d. Menguasai dan dapat merancang sistem perawatan dan perbaikan mesin;
e. Memiliki ketahanan mental dan etos kerja yang tinggi;
f. Memiliki jiwa wirausaha dan kemampuan manajerial pada tingkat menengah.

Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil memiliki satu program studi yaitu Teknik Sipil (D4).

Struktur Organisasi:
Ketua Jurusan/Prodi : M. Hanif Faisal, S.T., M.T
Sekretaris Jurusan : Nur Aida, M.Pd.
Koordinator Program Studi : Julyan Purnomo, S.T., M.T
Kepala Lab. Teknik Sipil : Hurul ‘Ain, ST., MT

 

DIPLOMA IV PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL

 

VISI
‚Äúsebagai penyelenggara pendidikan vokasional dalam bidang keahlian Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan yang unggul khususnya di Provinsi Kalimantan Barat serta mampu menguasai tantangan global‚ÄĚ

 

MISI
1) Menyelenggarakan pendidikan vokasi pada bidang keahlian Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan serta menghasilkan lulusan yang berkualitas, disiplin, bermoral, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2) Mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan dan budaya penelitian terapan serta inovatif dalam bidang keahlian Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan serta mempromosikan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan daya saing dengan menjalin kemitraan di bidang jalan dan jembatan.
3) Mengembangkan program studi yang efisien, efektif, akuntabel dan berkelanjutan berbasis ICT (Information Communication Technology) dalam bidang keahlian Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan.

 

TUJUAN
1) Menghasilkan sumber daya manusia di bidang Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, terampil, berjiwa wirausaha, berwawasan lingkungan, dan mampu bersaing.
2) Terciptanya iklim penelitian terapan di bidang Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan yang mampu mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diaplikasikan dalam pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan daya saing bangsa.
3) Terbangunnya jaringan kerjasama program studi, secara nasional dan internasional untuk meningkatkan kemampuan SDM dan pengembangan program studi Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan.

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknologi Informasi hanya terdiri dari satu program studi yaitu Teknik Informatika(D3)

Struktur Organisasi:
Prodi Teknik Informatika
Ketua Jurusan/Prodi : Eka Wahyudi, S.Pd., M.Cs
Sekretaris Jurusan : Novi Indah Pradasari, S.Kom., M.Kom
Koordinator Program studi : Rizkia Lestika Atimi, ST., MT
Kepala Lab. Teknik Informatika : Darmanto, S.Kom., M.Kom

 

DIPLOMA III PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

 

VISI
‚Äúmenjadi Program Studi terdepan, unggul dan menjadi andalan Kalimantan Barat dalam menghasilkan sumber daya manusia bidang keahlian teknik informatika untuk dunia industri jasa dan bisnis dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan persaingan global‚ÄĚ.

 

MISI
1. Menyiapkan lulusan di bidang sistem informasi yang mampu memasuki tantangan dan peluang kerja yang mensyaratkan standar kualitas global.
2. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknik Informatika.
3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Teknik Informatika dengan berkolaborasi dengan asosiasi profesi dan penguna lulusan program studi Teknik Informatika.

 

TUJUAN
Tujuan program studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Ketapang adalah menghasilkan Sumber Daya Manusia yang handal di bidang informatika dan relevan dengan kebutuhan industri.

website : informatika.politap.ac.id

Jurusan Teknik Listrik

Jurusan Teknik Listrik hanya terdiri dari satu program studi yaitu Teknik Elektro(D3)

Struktur Organisasi:
Jurusan Teknik Listrik
Ketua Jurusan : Erick Radwitya, S.ST., MT
Sekretaris Jurusan : Yudi Chandra, S.ST., MT
Koordinator Prodi : Akhdiyatul, SST., MT
Kepala Lab. Teknik Elektro : Heri Darmawan, ST

 

DIPLOMA III PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

 

VISI
‚ÄúMenjadi Program Studi yang Berdaya Saing Tinggi dalam Menghasilkan Tenaga Ahli Vokasional di Bidang Teknik Elektro untuk Mendukung Visi Lembaga Sebagai Politeknik Unggul dan Terkemuka di Indonesia pada tahun 2030‚ÄĚ

 

MISI
1) Menyelenggarakan pengelolaan Program Studi D3 Teknik Elektro Politeknik secara profesional, transparan dan akuntabel;
2) Menyelenggarakan pendidikan Program Studi D3 Teknik Elektro Politeknik menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) berstandar pendidikan kepoliteknikan dan KKNI yang fleksibel sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang berorientasi terapan;
3) Menyelenggarakan penelitian terapan yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, dunia kerja, dan memberikan kontribusi positif pada pengembangan kegiatan akademik.

 

TUJUAN
Tujuan dibentuknya program studi Teknik Elektro, yaitu:
1) Menciptakan sistem pengelolaan Program Studi D3 Teknik Elektro Politeknik yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan daya saing dan pencitraan publik institusi Politeknik di pasar kerja.
2) Menghasilkan lulusan D3 Politeknik bidang keahlian Teknik Elektro yang berkualitas dan kompeten dibidangnya.
3) Menghasilkan produk penelitian terapan yang berkualitas berupa publikasi ilmiah, paten atau produk komersial yang bermanfaat bagi kepentingan dan peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat.

 

PROFIL PROGRAM STUDI & KOMPETENSI UTAMA
Profil program studi dan kompetensi utama Program Studi Teknik Elektro adalah sebagai berikut:
1. Menjadi Ahli Madya yang mampu menyelesaikan pekerjaan perancangan instalasi tenaga listrik sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang mengacu kepada SNI ketenagalistrikan dan standar lain yang terkait (Electrical supervisor bidang Perancangan).
2. Menjadi Ahli Madya yang mampu merencanakan dan mempersiapkan pekerjaan pemasangan, mengidentifikasi penyimpangan hasil pemasangan dan membuat laporan pelaksanaan, dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan, keselamatan dan aspek lingkungan pada wilayah kerja instalansi listrik dan pemanfaatannya (Electrical supervisor bidang Konstruksi).
3. Menjadi Ahli Madya yang mampu merencanakan dan mempersiapkan kegiatan pemeliharaan, melaksanakan pemeliharaan, memeriksa dan menguji hasil pemeliharaan, membuat laporan pemeliharaan, dengan memperhatikan syarat teknis terkait dengan keamanan, keselamatan dan aspek lingkungan pada wilayah kerja instalansi listrik pemanfaat dan jaringan distribusi tegangan menengah (Electrical supervisor bidang Pemeliharaan).
4. Menjadi Ahli Madya yang mampu merencanakan operasi, mempersiapkan operasi, mengoperasikan, mengidentifikasi kelainan operasi, membuat laporan pengoperasian, dengan memperhatikan syarat teknis dengan keamanan, keselamatan dan aspek lingkungan pada wilayah kerja instalansi listrik pemanfaat, gardu konsumen (Electrical supervisor bidang Operasi).
5. Menjadi Ahli Madya yang memahami regulasi pengusahaan instalasi listrik, mampu membuat dokumen tender, melaksanakan pekerjaan kontraktor instalasi listrik dengan memperhatikan syarat teknis terkait regulasi, pajak, dan perijinan (Electrical installation contractor).

 

KOMPETENSI PENDUKUNG
1. Mampu menguasai konsep teoritis kelistrikan, elektronika, instrumentasi dan pengukuran, mesin listrik dan ilmu bahan.
2. Mampu menguasai prinsip dan teknik : Matematika Terapan, Mesin Listrik, PLC, Sistem Kendali, Rancangan Listrik, Instalasi Listrik, Mikrocontroller, Sistem Pembangkit, Trafo, Kubikal, Sistem Proteksi, Sistem Distribusi, CAD, Instalasi Tegangan Menengah, Elektronika Daya, Pemograman Komputer dan Gambar Teknik.
3. Mampu menguasai pengetahuan prosedural antara lain: Managemen Proyek, K3, SOP dan Standarisasi, Kewirausahaan, serta Etika Profesi.
4. Menguasai pengetahuan Teknik dan Teknologi isu terkini yang terkait dengan bidang ketenagalistrikan.
5. Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur.
6. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
7. Mampu menguasai salah satu bahasa asing, yaitu bahasa Inggris minimal pasif.
8. Mampu menerapkan manajemen leadership.

Unit Kerja

Umum dan Keuangan

Koordinator : Fathurahmi, S.E, MM

Ruang Lingkup Tugas : melakukan urusan persuratan, kearsipan, dokumentasi, keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, keprotokolan, hukum, organisasi, ketatalaksanaan, hubungan masyarakat, dan pengelolaan barang milik negara serta penyusunan rencana pengadaan, pengangkatan, mutasi, pengembangan, disiplin, dan pemberhentian pegawai, penyusunan rencana, program, dan anggaran serta urusan pembiayaan, penerimaan, penyimpanan, pembayaran, pertanggungjawaban anggaran, akuntansi, dan pelaporan keuangan.

Akademik dan Kemahasiswaan

Koordinator : Sahardi, S.E

Ruang lingkup Tugas : melakukan urusan layanan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, registrasi dan pembinaan minat, bakat, penalaran, kesejahteraan mahasiswa, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi serta administrasi kerja sama dan urusan alumni.

laman resmi baak,politap.ac.id

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Kepala : Maya Santi, S.Pd.,M.T

Ruang lingkup tugas dan  fungsi:

  1. penyusunan rencana, program, dan anggaran Pusat;
  2. pelaksanaan penelitian ilmiah murni dan terapan;
  3. pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat;
  4. koordinasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  5. pelaksanaan publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  6. pelaksanaan kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan perguruan tinggi dan/atau institusi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri;
  7. pemantauan dan penilaian pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan
  8. pelaksanaan urusan administrasi Pusat
Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Kepala : Sy. Indra Septiansyah, S.Si.,M.T

Ruang lingkup tugas dan fungsi :

  1. penyusunan rencana, program, dan anggaran Pusat;
  2. pelaksanaan pengembangan pembelajaran;
  3. pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan;
  4. pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan;
  5. koordinasi pelaksanaan kegiatan pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan;
  6. pemantauan dan penilaian pelaksanaan kegiatan pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan;
  7. pelaksanaan urusan administrasi Pusat
UPT Perpustakaan

Kepala : Nely Kurnila,S.Pd.,M.Pd

Ruang lingkup tugas dan fungsi

  1. penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT;
  2. penyusunan rencana kebutuhan dan penyediaan bahan pustaka;
  3. pengolahan bahan pustaka;
  4. pemberian layanan dan pendayagunaan bahan pustaka;
  5. pemeliharaan bahan pustaka; dan
  6. pelaksanaan urusan tata usaha UPT.
UPT Bahasa

Kepala : Indra Pratiwi, S.Pd.,M. Pd

Ruang lingkup tugas dan fungsi :

  1. penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT;
  2. pengembangan pembelajaran bahasa;
  3. pelayanan peningkatan kemampuan bahasa bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan;
  4. pelayanan uji kemampuan bahasa bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan; dan
  5. pelaksanaan urusan tata usaha UPT.
UPT TIK

Kepala : Darmanto, S.Kom.,M.Kom

Ruang lingkup tugas dan fungsi :

  1. penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT;
  2. pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
  3. pengembangan dan pengelolaan jaringan;
  4. pemeliharaan dan perbaikan jaringan;
  5. pemberian layanan di bidang teknologi informasi dan komunikasi; dan
  6. pelaksanaan urusan tata usaha UPT
UPT Kewirausahaan

Kepala : Ningrum Dwi Hastuti, S.TP.,M.P

Ruang lingkup tugas dan fungsi :

  1. pelaksanaan penyusunan rencana program dan anggaran UPT;
  2. pelaksanaan pengembangan kewirausahaan;
  3. pelaksanaan administrasi kegiatan kewirausahaan;
  4. pelaksanaan pengelolaan usaha Politap; dan
  5. pelaksanaan urusan tata usaha UPT.