Politap, Polinema dan Poliban Sepakat Perkuat MBKM

BANJARMASIN – Kamis (22/09/2022). Bertempat di Politeknik Negeri Banjarmasin, Direktur Politeknik Negeri Ketapang menandatangani kesepakatan bersama dengan Direktur Politeknik Negeri Malang dan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin dalam kegiatan Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi Politeknik Negeri bidang pertambangan. Kegiatan ini disaksikan Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Bapak Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, S.E., M.A..

Kegiatan ini dalam rangka perluasan kemitraan bidang Teknik pertambangan untuk penguatan kualitas pembelajaran program studi Teknik Pertambangan di tiga Politeknik sekaligus penguatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Endang Kusmana, Direktur POLITAP setelah kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya yang sudah dilakukan ketiga Politeknik Negeri. Endang menyampaikan bahwa dengan konsorsium ini diharapkan pelaksanaan tri darma perguruan tinggi di tiga Politeknik dapat distandarkan dengan diperkuat industri tambang yang mendukung program ini. Menurut Endang, konsorsium merupakan bentuk kolaborasi program studi sejenis dengan mengembangkan potensi masing-masing Politeknik dalam mendukung MBKM.

Selanjutnya Endang mengatakan bahwa kegiatan konsorsium akan dimulai dengan melakukan penyusunan kurikulum bersama dengan mempertimbangkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Indikator Kinerja Utama (IKU). Kurikulum ini menurut Endang bisa digunakan di semua program studi di tiga Politeknik ini. Selanjutnya Endang menyampaikan bahwa kegiatan berikutnya akan ditindaklanjuti dengan penyusunan Bahan ajar dengan melibatkan kepakaran di setiap bidang sehingga bahan ajar bisa digunakan di tiga Politeknik. Tentu kedepan dapat dikembangkan pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa dan kolaborasi industri dalam memperkuat link and match.

Bagikan Ini :