Politap Four S ( Smart, Speed, Sincere, Solid)

Link And (Super) Match Politap Untuk IPM Kalbar

Rabu, 13/1/2021 bertempat di Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, dilakukan pertemuan Direktur Politeknik se Kalimantan Barat yaitu Direktur Politap, Direktur Polnep dan Direktur Poltesa serta Sekjen Apvokasi Kalbar.  Pertemuan dipimpin Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Ir. Yuslinda, MM. Didampingi Kepala Bidang dan Kassubid di lingkungan Bappeda Kalbar.

Seluruh Direktur Politeknik diberi waktu untuk menyampaikan program dan potensi yang dapat disampaikan kepada Bappeda untuk selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur. Endang Kusmana Direktur Politap menyampaikan program Politap Membangun Vokasi Dari Desa. Endang yang didampingi Wakil Direktur I Adha Panca Wardanu menyampaikan bahwa Politap membangun vokasi dari desa merupakan kegiatan untuk menguatkan link and match, bahwa Endang menyampaikan bahwa program yang disusunnya adalah Link and Super match karena programnya mengikutsertakan industri, desa, pemda dan pendidikan vokasi yaitu Politeknik dan SMK.

Endang menjelaskan Politap Membangun Vokasi Dari Desa meliputi  Desa Unggul, yaitu  Program untuk meningkatkan peran Politap dalam meningkatkan hubungan antara Industri dengan Desa melalui pembukaan kelas khusus bagi warga desa sekitar industri dengan kurikulum disusun bersama, penggunaan sumber daya bersama, perkuliahan dilakukan dengan dual sistem dan lulusan direkrut oleh industri., Desa Sinergi Program untuk meningkatkan peran Politap dalam meningkatkan hubungan antara SMK, Industri dan Desa melalui pembukaan SMK DII atau SMK Fast Track (Jalur cepat) dengan pembukaan program studi bagi warga desa sekitar industri dengan kurikulum disusun bersama SMK Politap dan Industri, penggunaan sumber daya bersama, perkuliahan dilakukan dengan SMK, Politeknik dan Industri dan lulusan direkrut oleh industry, Desa Akses, Program untuk meningkatkan peran Politap dalam meningkatkan hubungan antara Politap, Industri dan Desa melalui pembukaan pendidikan jarak jauh bagi warga desa dengan pembelajaran di lakukan di desa sehingga desa bisa terhubung secara online dan warga desa mendapat pendidikan bermutu pada Politeknik dan industri berperan dalam memfasilitas penyelenggaraaan pendidikan dengan kurikulum disusun bersama Industri, Desa dan Politap, penggunaan sumber daya bersama (Politeknik, Industri dan Desa), kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar di Kabupaten Ketapang dan Desa wisata Program untuk meningkatkan peran Politap dalam meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pembentukan Desa Wisata yang didukung industri serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Politap Membangun Vokasi Dari Desa ini merupakan penerapan link and super match untuk meningkatkan Indek Pembangunan Manusia Kalbar” kata Endang.

Bagikan Berita Ini