Politap Four S ( Smart, Speed, Sincere, Solid)

Politap Buka Kesempatan Beasiswa Ke Jerman

Dalam rangka mewujudkan visi Menjadi Politeknik unggul di bidang pertanian dan pertambangan, baik di tingkat nasional maupun internasional, Politeknik Negeri Ketapang melaksanakan sharing session tentang strategi memanfaatkan potensi yang ditawarkan Jerman dalam pengembangan sumber daya manusia baik untuk pendidikan bergelar maupun non gelar yang dilaksanakan pada hari Selasa 5 Januari 2021 di kampus Politeknik Negeri Ketapang.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid sesuai protokol kesehatan, untuk Wakil Direktur, Ketua Jurusan, Koordinator Program studi, Kepala Pusat, perwakilan Dosen, Teknisi, Alumni dan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa sedangkan bagi mereka yang tidak mendapat undangan luring dapat mengikuti kegiatan secara daring. Kegiatan Sharing Session kali ini menghadirkan CEO Germany Indonesian Professionals Alwien Parahita, M.Sc  yang didampingi Muhammad Ali Kepala Kantor Urusan Internasional Polnep.

Direktur Politeknik Negeri Ketapang Endang Kusmana dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut menyatakan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia akan menjadi salah satu focus program dan kegiatan tahun 2021. Endang menyatakan bahwa investasi sumber daya manusia merupakan opsi terbaik untuk mendukung pengembangan pendidikan vokasi, menurutnya kolaborasi Politap dengan industri yang terjalin selama ini terutama dalam penerapan pendidikan vokasi mendorong sharing dalam penggunaan peralatan, menurut Endang pihaknya bisa melakukan penghematan untuk investasi pada peralatan, pengurangan resiko beban listrik, beban pemeliharaan termasuk harus updating peralatan, dengan kebijakan ini maka investasi sumber daya manusia bisa lebih ditingkatkan. Endang berharap sharing session ini bisa mendorong Dosen, tenaga kependidikan dan alumni untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan pemerintah Jerman dan Politap akan mendukung sepenuhnya dengan menyiapkan dana pendamping untuk beasiswa ke Jerman.

Sementara itu Alwien Parahita menyampaikan tentang peluang yang ditawarkan Jerman dalam berbagai bidang keilmuan dengan sederet perguruan tinggi vokasi di Jerman, pihaknya akan membantu Dosen, tenaga kependidikan dan alumni Politap yang akan melanjutkan studi ke Jerman baik bergelar maupun tidak bergelar. Pada kesempatan ini juga narasumber menyampaikan manis dan tantangan studi ke Jernan termasuk  level berkarir di jerman, program studi yang ditawarkan dan hebatnya vokasi di Jerman (ausbildung)

Sementara itu narasumber kedua, Muhammad Ali Kepala Kantor Urusan Internasional Polnep dalam sharingnya menyampaikan pengalaman mengelola kegiatan internasional dalam membangun networking internasional, mencari partner kerjasama internasonal, melakukan program magang mahasiswa dengan negara-negara di Eropa,

Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Mutu Pendidikan (P4MP) Politeknik Negeri Ketapang Sy. Indra Septiansyah  sebagai Ketua panitia kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan Sharing Session ini merupakan program kerja yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memperkuat kualitas lulusan, wirausaha, dual system, dosen praktisi, kualitas riset dan problem based learning dalam menguatkan Politap Membangun Vokasi Dari Desa. Dalam kesempatan ini Kepala P4MP juga menyampaikan tentang rencana pelatihan Bahasa yang akan disiapkan dalam mendukung program ini.

Bagikan Berita Ini