logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Politap Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPN

Politeknik Negeri Ketapang kembali akan membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/ 2021 melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri 2020. Seleksi Penerimaan mahasiswa baru ini merupakan model kedua setelah dilakukan tahap 1 melalui Jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) yang berakhir tanggal 8 Mei 2020.  Kali ini Politap membuka kesempatan kembali menerima putra-putri terbaik untuk menjadi tenaga ahli professional melalui pendidikan vokasional dengan jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN).

Adha Panca Wardanu, Wakil Direktur I bidang akademik pada Jumat 8 Mei 2020 menyatakan bahwa SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri) tahun ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan portofolio, hal ini berbeda dengan Tahun sebelumnya yang menggunakan tes tertulis, hal ini merupakan keputusan bersama Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) dengan mempertimbangkan masa pencegahan penyebaran covid-19 sehingga SBMPN tahun ini dilakukan dengan menggunakan skema protofolio yaitu melalui seleksi syarat nilai raport dan syarat lainnya sesuai panduan dari FDPNI.

SBMPN tahun in ini bertujuan untuk memilih calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Politeknik sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Jalur SBMPN sebelumnya bernama jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) berganti istilah di tahun 2020 berdasarkan hasil diskusi dan keputusan bersama dalam Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia yang diadakan di Surabaya pada Desember 2019.  Jadwal penerimaan untuk jalur SBMPN ini akan dimulai pada tanggal 19 mei 2020 dan ditutup pada tanggal 25 Juni 2020. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi di http://sbmpn.politeknik.or.id

Selanjutnya Wadir I bidang akademik Adha Panca Wardanu menjelaskan bahwa “Proses penilaian peserta SBMPN 2020 akan diurutkan menurut nilai tertinggi berdasarkan kriteria penilaian portofolio diantaranya adalah nilai ijazah, nilai rapor, dan akreditasi sekolah kemudian dialokasikan pada program studi pilihannya dengan ketentuan bahwa peserta yang lebih baik mendapat prioritas untuk dialokasikan lebih dahulu. Jika masih ada tempat di program studi pilihan pertama, ia akan diterima di program studi pilihan pertama. Jika tempat pada program studi pertama telah penuh dan masih ada tempat di program studi pilihan kedua, ia akan diterima di program studi pilihan kedua. Jika tempat pada program studi pilihan kedua telah penuh dan masih ada tempat di program studi pilihan ketiga, ia akan diterima di program studi pilihan ketiga, dan seterusnya. Jika tempat pada program studi pilihan pertama, kedua dan ketiga telah penuh dengan peserta yang lebih baik dari peserta tersebut, maka ia tidak akan diterima walaupun nilainya masih cukup tinggi, Ujarnya. Masih pada kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan bahwa “Untuk penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN tahun 2020 ini dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000 dan calon mahasiswa dapat memilih 3 program studi baik disatu politeknik maupun lintas politeknik”, tambahnya.

Pengumuman kelulusan jalur SBMPN tahun 2020 ini akan diumumkan pada tanggal 4 juli 2020 melalui website dan di politeknik masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia PMB Politeknik Negeri Ketapang melalui kanal-kanal informasi resmi politap di media sosial dan di website : http://pmb.politap.ac.id

Bagikan Ini :
Comments are closed.