Politap dan Bea Cukai Dorong UMKM Naik Kelas Ekonomi Tancap Gas

KETAPANG – Rabu (22/06/2022). bertempat di Aula Politeknik Negeri Ketapang, Politeknik Negeri Ketapang dan Bea Cukai Ketapang bersinergi menyelenggarakan sosialisme mekanisme ekspor dalam mendorong UMKM Naik Kelas Ekonomi Tancap Gas. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian kegiatan berskala nasional “UMKM Week 2022” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC).  Kegiatan ini dihadiri oleh UMKM yang ada di Kabupaten Ketapang.

Bapak Achroni, SE., MM selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, yang mewakili Kepala KPPBC TMP C menyampaikan harapannya terhadap UMKM yang ada di Ketapang agar dapat menembus pasar internasional. Dalam sosialisasi ini telah disampaikan materi  mengenai hal-hal yang berkaitan dengan UMKM, serta bagaimana produk hasil dari UMKM tersebut dapat menembus pasar internasional. Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam melakukan ekspor yakni berkaitan dengan kemasan (packaging) dari produk itu sendiri.

Direktur Politeknik Negeri Ketapang, Endang Kusmana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Politeknik Negeri Ketapang akan senantiasa memberikan dukungan kepada seluruh UMKM yang ada di Kabupaten Ketapang dalam meningkatan mutu serta kualitas produk hasil UMKM. Selain diberikannya pendampingan terhadap UMKM, Politeknik Ketapang memberikan dukungan dengan fasilitas yang ada di Politeknik Negeri Ketapang berupa mesin packaging. Dengan adanya mesin tersebut diharapkan dapat menjaga mutu dan kualitas dari produk UMKM yang dihasilkan sehingga produk tersebut dapat memenuhi syarat untuk diekspor. (Finan Su)

Bagikan Ini :