Politap dan IAR Dorong Akses Pendidikan Tinggi Bagi Masyarakat Terluar

Senin, 23 Mei 2022, bertempat di kantor International Animal Rescue (IAR) yang beralamat   di Desa Sungai Awan Kiri, kecamatan Muara Pawan Ketapang dilakukan evaluasi Kerjasama antara Politeknik Negeri Ketapang dengan IAR. Hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Politap, tim Kerjasama Politap, Direktur Eksekutif dan tim IAR.

Evaluasi Kerjasama meliputi beberapa isu strategis antara lain peningkatan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat daerah terluar, peningkatan softskill mahasiswa, implementasi kampus merdeka dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini merupakan  bagian dari Politap membangun vokasi daerah desa melalui desa akses, desa mitra dan desa wisata

Direktur Politap dalam paparannya menyampaikan bahwa Politap memberi ruang seluas-luasnya kepada calon mahasiswa dari daerah terluar untuk menempuh Pendidikan di Politap dengan beasiswa, peningkatan softskill dan hardskill, mendapatkan proses pembelajaran dengan menekankan kepada project based learning,  dan mendapat kesempatan untuk magang di luar negeri. Sementara untuk program pemberdayaan masyarakat kegiatan dilaksanakan melalui pengembangan one village one product (OVOP).  

Manajer comdev IAR Indonesia Wendi menyampaikan bahwa pihaknya akan meningkatkan monitoring dan evaluasi terhadap dampak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa, meningkatkan kualitas pembinaan kepada mahasiswa penerima beasiswa terutama untuk kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, team work dan inisiatif.

Beberapa poin penting untuk aklerasi output dan outcome kegiatan akan dituangkan dalam addendum nota kesepahaman dan implementasi Perjanjian Kerjasama sehingga kualitas Kerjasama akan lebih berdayaguna.

Bagikan Ini :