Politap Dorong Produk UMKM Unggulan Di Kepulauan Karimata

Dosen Politeknik Negeri Ketapang Adha Panca Wardanu dan A. Nova Zulfahmi menjadi narasumber dalam kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui kemitraan usaha mikro Di Desa Pelapis dan Desa Padang di kecamatan kepulauan Karimata Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan KKU yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 20-21 Oktober 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Karimata, kegiatan ini merupakan usaha pemerintah daerah mencari solusi dalam memecahkan permasalahan UMKM dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membangun potensi di desa Pelapis dan Desa Padang kecamatan Karimata.

Pada sambutan pembukaan, Hendra selaku camat Kepulauan Karimata menyampaikan bahwa sumberdaya ikan maupun rumput laut didesa Pelapis sangat melimpah tetapi belum dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, produk UMKM di Desa Pelapis dan Desa Padang belum menarik baik dari sisi variasi produk maupun pengemasan. Lebih lanjut, Hendra juga berharap kegiatan pemberdayaan di Desa Pelapis akan terus berkelanjutan, sehingga produk dari Desa Pelapis Karimata dapat menjadi alternatif oleh oleh khas KKU.

Adha Panca Wardanu selaku narasumber pertama menjelaskan tentang standar mutu produk pengolahan yang baik dan aman bagi kesehatan serta mensosialisasikan pentingnya perizinan pada usaha micro. Selanjutnya, narasumber kedua A. Nova Zulfahmi memberikan penjelasan tentang diversifikasi produk perairan. Sementara itu Irfan Cholid Koorprodi Agroindustri Politap dan Martanto Ketua Pokja Kerjasama Politap akan mengembangkan kerjasama berkelanjutan dengan Dinas Perdagangan dengan Politap untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat Desa Pelapis dan Desa Padang dalam pengolahan, packing, maupun pemasaran produk. Menurut Martanto kegiatan ini merupakan upaya Politap untuk membangun vokasi dari desa terutama untuk daerah pesisir.

Bagikan Ini :
Bagikan Berita Ini