Politap Four S ( Smart, Speed, Sincere, Solid)

Politap Launching SiMADU Secara Virtual

Politeknik Negeri Ketapang terus bergerak maju untuk menerapkan layanan terintegrasi berbasis terknologi Informasi , hal ini tercermin dari peluncuran (launching) Sistem Informasi Manajemen Terpadu Politap (SimaduPolitap). Direktur Politap Endang Kusmana yang mempimpin kegiatan menyatakan bahwa peluncuran SimaduPolitap merupakan bagianĀ  dari reformasi birokrasi (visi Presiden 2019-2024), menindaklanjutiĀ  SE Menpan-RB nomor 382/2019 tentang langkah strategis dan kongkret penyederhanaan birokrasi, program prioritas Direktur dan langkah pembentukan Pusat data.

Direktur menambahkan bahwa SimaduPolitap akan dilakukan secara bertahap baik bidang akademik, kemahasiswaan, penelitian/PKM, tatalaksana, keuangan, kepegawain, BMN dan layanan publik, menurutnya jika Tahun 2019 sudah menerapkan Sistem Informasi Akademik sehingga mahasiswa mendapatkan kemudahan dari mulai registrasi, pembelajaran, konsultasi dan penilaian melalui smartphone dan fasilitas online lainnya. SimaduPolitap juga merupakan bagian dari pemberdayaan Sumber daya manusia Politap karena sistem ini dikerjakan oleh pegawai Politap sehingga nantinya ada kebanggaan dan rasa memiliki terhadap organisasinya. Direktur menambahkan bahwa dengan SimaduPolitap memberi kepastian tata kelola karena dengan SimaduPolitap sistem kerja lebih terukur baik waktu maupun sistem kerja dan bisa menghemat konsumsi kertas.

Wakil Direktur III bidang kemahasiswaan dan Sistem Informasi Epriyandi menambahkan bahwa SimaduPolitap yang dikembangkan Tahun 2019/2020 ini ada beberapa modul yaitu :

  1. Sipsuke (Sistem Informasi Surat Keputusan) Sistem ini mengatur layanan usulan persuratan, sehingga usulan surat keputusan, surat tugas dan naskah dinas lainnya bisa dilakukan secara online dan bisa dilakukan dimana saja.
  1. Simadi (sistem Informasi Manajemen uang pendidikan) Sistem ini untuk memonitor kondisi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) khususnya uang pendidikan sehingga bisa merupakan media untuk rekonsiliasi antara bendahara penerima, subbagian akademik dan program studi.
  1. Sidul (Sistem Informasi Pengajuan Judul) Sistem ini untuk mengatur layanan online Praktek Kerja Lapangan dan layanan Tugas Akhir sehingga mahasiswa mendapatkan kemudahan untuk berkonsultasi dengan Jurusan dan Dosen secara online sejak pendaftaran judul atau tempat magang sampai dengan selesainya kegiatan
  1. Simanra (Sistem Informasi Perbendaharaan) Sistem ini untuk mengatur layanan usulan pencairan dana, sehingga unit kerja yang memiliki kegiatan dan anggaran dapat mengusulkan pencairan dana melalui layanan online
  2. Simanja (Sistem Informasi Manajemen Kinerja) Sistem ini untuk mengatur sistem pelaporan kinerja pegawai baik BKD online maupun SKP online seluruh pegawai di lingkungan Politap dengan memberdayakan Teknologi informasi dan bisa dilakukan dimana saja.

Direktur Politap menambahkan bahwa dengan sistem Work From Home, maka penggunaan teknologi informasi menjadi sangat penting. Untuk itu pihaknya dalam waktu dekat akan merancang Sistem Informasi Kinerja Pegawai (Sijape), Sistem Informasi Data Riset (Sitari), Sistem Informasi pendaftaran beasiswa (Sipebe) dan Ā Sistem Informasi Penjaminan Mutu (Sijamu), tentu dengan memberdayakan tenaga-tenaga yang ada di Politap katanya menutup pembicaraan.

Bagikan Berita Ini