logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Politap Luncurkan Membangun Vokasi Dari Desa

Direktur Politeknik Negeri Ketapang Endang Kusmana diundang menjadi narasumber dalam kegiatan webinar link and match pendidikan vokasi dan dunia kerja yang diselenggarakan PT. Sentra Vidya Utama (Sevima) yang merupakan perusahaan konsultan dan pengembang teknologi informasi yang yang berpusat di Surabaya Selasa 4 Agustus 2020. Panel Diskusi Ini Menghadirkan Narasumber Lainnya Yaitu Ari Wibowo Direktur Politeknik LPP Yogyakarta Dengan Topik Bahasan Link & Match Politeknik LPP Dengan Industri Perkebunan dan Ari Novan Setiono Head Of IT Pupuk Kaltim dengan Topik Menghadapi Revoluasi Industri 4.0.

Endang Kusmana Direktur Politap menyampaikan materinya dengan topik membangun vokasi dari desa, hal ini dikaitkan dengan kondisi Politeknik Negeri Ketapang yang berada di kabupaten Ketapang dan dipenuhi industri sawit maupun industri tambang. Dengan industri yang semuanya di desa maka, link and match perguruan tinggi dan industri dapat disinergikan dengan pembangunan desa, melalui peningkatan sumber daya manusia di desa dan meningkatkan ekonomi desa.

Gagasannya dimulai dengan merekrut calon mahasiswa dari desa-desa sekitar industri, kemudian kurikulum disusun bersama antara Politeknik dengan industri, untuk dosen selain dosen dari Politeknik juga dari industri, perkuliahan dilakukan dengan dual system, sarana dan prasarana dilakukan bersama saat kuliah di kampus menggunakan fasilitas politeknik dan saat di industri menggunakan fasilitas industri. Pembiayaan dibebankan pada CSR perusahaan dan lulus langsung bekerja pada perusahaan. Disamping industri, desa juga memiliki Badan Usaha Milik Desa yang dapat diberdayakan oleh perguruan tinggi.

Bagikan Ini :
Comments are closed.