logo

Mandiri

Unggul

Disiplin

Prodi BTP Gelar Webinar Teknopresisi Pemupukan Tanaman Menuju Pertanian 4.0

Jurusan Pengelolaan hasil perkebunan khususnya Program Studi DIV Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Negeri Ketapang mengadakan webinar pada tanggal 10 agustus 2020, dengan tema “TeknoPresisi Pemupukan Tanaman Menuju Pertanian 4.0”. webinar ini merupakan seri ke-8 Vokasi Menguatkan Jati Diri yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Ketapang yang diikuti  peserta yang mendaftar 163 peserta.

Webinar ini dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Ketapang  Endang Kusmana, dalam sambutan kegiatan webinar ini direktur mengharapkan agar materi yang disampaikan oleh pemateri dapat menambah ilmu pengetahuan pada peserta webinar khususnya wawasan dalam TeknoPresisi Pemupukan Tanaman Menuju Pertanian 4.0. hal ini dikaitkan dengan kondisi Politap yang berada di kabupaten Ketapang dan dipenuhi industri perkebunan kelapa sawit. Keberadaan indutri perkebunan kelapa sawit yang ada di kabupaten Ketapang maka link and match perguruan tinggi dan industri dapat disinergikan dengan peningkatan pembangunan sumberdaya manusia yang berkompeten  sehingga industri perkebunan kelapa sawit yang ada di kabupaten Ketapang dapat menyerap mahasiswa lulusan Politeknik Negeri Ketapang khususnya prodi DIV Budidaya Tanaman Perkebunan.

Webinar kali ini menghadirkan narasumber yaitu  Prof. Dr. Ir Anas D. Susila, M.Si dari Divisi Produksi Tanaman Departemen Agronomi dan Holtikultura IPB University dalam materi yang disampaikan dapat disimpulkan bahwa konsep tekno presisi ini merupakan pertanian yang mengusung teknologi maju, dimana nantinya tanaman akan dipupuk sesuai dengan kebutuhan hidupnya secara individual dan sesuai dengan wilayah atau kondisi tanah secara individual pula agar bermanfaat bagi petani dalam menciptakan pertanian yang berkelanjutan dan efisien dalam penggunaan pupuk.  Narasumber kedua Andi Rusnadi, SP Asisten Afdeling PT. Perkebunan Nusantara XIII. Memberikan materi tentang budidaya tanaman kelapa sawit dan konsep efisien pemupukan memperhatikan tepat cara, tepat dosis, tepat waktu, tepat jenis dan tepat administrasi.

Bagikan Ini :
Comments are closed.