Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Politap Perkuat Project Based Learning

Senin, 23 Mei 2022, bertempat di Aula Direktorat dilakukan pembukaan kegiatan Workshop penyusunan perangkat pembelajaran dan implementasi Project Based Learning. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 23 Mei – 25 mei 2022 yang diikuti oleh 53 orang yang terdiri dari Ketua Jurusan, Koordinator Porgram studi dan Dosen dari Politeknik Negeri Ketapang, Politeknik Negeri Pontianak dan Politeknik Negeri Sambas. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Politeknik Negeri Batam yaitu Hendawan Soebhakti, S.T, M.T dan Senanjung Prayoga, S.Pd, M.T

Direktur Politeknik Negeri Ketapang dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa pihaknya konsisten untuk menerapkan Project Based Learning (PBL) pada semua program studi, menurutnya saat ini dua program studi sudah mulai menerapkan PBL pada semester genap TA 2021/2022 yaitu Teknik Informatika dan Agroindustri dan satu program studi akan mulai menerapkan pada semester gasal TA 2022/2023 yaitu Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin. Endang menambahkan PBL bisa dilakukan pada mata kuliah tertentu, sinergi mata kuliah dalam satu prodi, antar prodi bahkan antar perguruan tinggi.

Endang juga menyambut baik kehadiran wakil Politeknik Negeri Pontianak dan wakil dari Politeknik Negeri Sambas dalam kegiatan ini, menurutnya sinergi antar Politeknik untuk wilayah Kalimantan Barat harus terus ditingkatkan dan dikembangkan sesuai potensi masing-masing sehingga dapat saling mendukung dan melengkapi antar Politeknik.

Ketua Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) Sy.Indra Septiansyah dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari, hari pertama focus kepada membangun pengetahuan, pemahaman dan keterampilan untuk menjawab “Driving Question”,  tahapan PBL, perangkat PBL dan rubrik penilaian, selanjutanya hari kedua Menyusun rencana pembelajaran semester dan menyusun rencana asesmen dan hari ketiga presentasi, diskusi Rencana PBL dan sharing implementasi PBL yang sudah dilakukan pada program studi D3 teknik Informatika. Menurut Indra penerapan PBL pada prodi Teknik Informatika sudah menggunakan aplikasi yang dirancang sendiri.

Bagikan Ini :