Triple Helix Politap, Industri & Pemda Siap Perkuat Pembangunan Konstruksi Jalan & Jembatan

Senin 9 Nopember 2020 Direktur Politeknik Negeri Ketapang dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) menandatangani Komitmen Bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang konstruksi jalan dan jembatan. melalui kerjasama kegiatan Magang, Problem Based Learning, Praktikum, Penulisan Tugas Akhir, Riset, Implementasi Dosen  Industri Dan Praktisi. Direktur Politap Endang Kusmana Endang Kusmana menyatakan bahwa kunjungan Politap ke Dinas PUTR merupakan penguatan dari kerjasama yang sudah dilakukan sebelumnya yang tujuannya untuk meningkatkan kerjasama Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah dan Industri. Menurutnya model inovasi triple helix  yang mengacu pada serangkaian interaksi antara akademisi, industri dan pemerintah bisa mendorong pembangunan ekonomi dan sosial lebih baik terlebih untuk pembangunan infrastruktur.

Kepala Dinas PUTR Sukirno menyatakan bahwa peran perguruan tinggi (akademisi) dalam memperkuat pembangunan infrastruktur sangat mutlak untuk mencari inovasi baru guna meningkatkan kualitas pembangunan, pihaknya menyambut gembira komunikasi yang terus dikembangkan melalui penandatanganan komitmen bersama setiap kegiatan sehingga kualitas setiap kegiatan bisa lebih terukur. Untuk pembangunan infrastruktur khususnya konstruksi jalan dan jembatan pihaknya selalu siap bekerjasama untuk mendukung peningkatan kualitas SDM Ketapang melalui  magang mahasiswa, penerapan Problem Based Learning, Praktikum, Penulisan Tugas Akhir, Riset, pemberdayaan Tenaga ahli dari PUTR menjadi Dosen Industri dan Politap dan Pemberdayaan Dosen Politap menjadi Praktisi di PUTR.

Sementara itu Kepala Laboratorium Teknik Sipil Hurul Ain menyatakan bahwa rangkaian penandatanganan Komitmen Bersama ini baik dengan Pemerintah Daerah maupun industri merupakan usaha yang sedang dilakukan program studi Sarjana Terapan Kontruksi Jalan dan Jembatan untuk terus mengembangkan diri melalui koloborasi industri, pemerintah daerah dan akademisi. Salah satu yang sudah diwujudkan adalah pemberdayaan beberapa Dosen menjadi Dosen Praktisi pada industri yang ada di Ketapang, antara lain salah satu mitra Politap adalah PT.Dua Sinar Ketapang Abadi (PT. DSKA), dimana Hurul Ain dan Alan Purtanto sebagai tenaga ahli untuk merancang kualitas mutu beton, quality control material dan mengontrol mutu lapangan untuk seluruh pekerjaan yang dilaksanakan perusahaan, begitu juga mahasiswa Politap turut terlibat dalam kegiatan.

Sementara di tempat terpisah Koordinator Program Studi Sarjana Terapan Konstruksi Jalan dan Jembatan Politap Julyan Purnomo dalam memperkuat triplex helix, pihaknya sudah melakukan kunjungan kerja ke Direktorat PUPR Provinsi Kalimantan Barat  Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Satker  P2JN Pontianak terkait dengan rencana magang mahasiswa dan implementasi Problem Based Learning pada kegiatan Konstruksi Jalan dan Jembatan yang dilakukan PUPR Provinsi Kalimantan Barat.

Bagikan Ini :