1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Politap Gelar Workshop Project Based Learning Teaching Factory

Politap Gelar Workshop Project Based Learning Teaching Factory

KETAPANG – Senin (20/05/2024). Politeknik Negeri Ketapang menggelar acara Workshop Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Teaching Factory Serta Kerjasama dan Implementasi Produksi Unggulan Industri dan UMKM dengan Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan (THP) pada Senin, 20 Mei 2024 di Ballroom Hotel Nevada Ketapang.

Acara dihadiri oleh pejabat daerah seperti Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM mewakili Bupati Ketapang, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang, Kepala Kantor BPN Ketapang, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian, serta Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (atau yang mewakili).

Turut hadir pimpinan mitra Industri (Perusahaan) diantaranya PT. KAL dan BGA, mitra UMKM, alumni Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan, dan internal Politeknik Negeri Ketapang seperti Direktur besaerta jajaran, kepala P4MP, Kepala P3KM, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan.

Kegiatan Workshop ini diadakan oleh Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan Jurusan Pertanian dan Bisnis Politeknik Negeri Ketapang sebagai implementasi Hibah Competitive Fund 2024. Workshop ini diadakan sebagai upaya mengembangkan produk unggulan dan memanfaatkan teaching factory untuk platform pembelajaran vokasional yang inovatif. Selain itu, agenda ini dapat mempererat hubungan kerja sama antara prodi dengan mitra UMKM hingga disepakati dokumen kerjasama.

Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh Ketua Task Force Competitive Fund 2024 Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan (Venti Jatsiyah, S.P., M.Si.), dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Politeknik Negeri Ketapang (Irianto SP, S.ST., M.MA.) kemudian sambutan Bupati Ketapang yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM (Absalon, SE., S.Sos.) yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Kemudian dilanjutkan dengan pemutara video napak tilas Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan Jurusan Pertanian dan Bisnis Politeknik Negeri Ketapang yang mengulas perjalanan Program Studi THP sejak tahunn 2008 hingga 2024.

Bersamaan dengan ini  Politeknik Negeri Ketapang khususnya Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada mitra Politeknik Negeri Ketapang khususnya bagi Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan  atas kerjasama yang terlah terjalin selama ini Kepada PEMDA  Ketapang kepada Politeknik-politeknik mitra yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Kepada Industri seperti perusahaan PT. KAL, BGA, Cargill, PT. SisM. Kepada Kantor BPN, Yayasan-yayasan mitra kerja Politap, BUMD Ketapang, UKM, Balai Pelatihan Tegal, DPR RI, Bank BSI, Kantor Kejaksaan Ketapang dan kepada Alumni Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada bapak alm. H. Morkes Effendi,  Bapak Abdulbad H.A Rani, Bapak Hendrikus, Bapak Martin Rantan, Direktur pertama Politap, Ibu Prof. Ir. Hj. Nurmala, Direktur periode tahun 2019-2022, Bapak Endang Kusmana dan Direktur saat ini Bapak Irianto SP, serta kepada pihak pihak terkait yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Dan ucapan tertinggi diberikan kepada Allah SWT dan Rasululullah SAW yang telah menjaga dan memberikan Rahmat kepada Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan Politeknik Negeri Ketapang.

Dalam kesempatan ini Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum (Devy Harinda, S.STP., ME.) mewakili seluruh pihak yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Ketapang menyampaikan kesan dan pesan.

Dilanjutkan penandatanganan MOU oleh Direktur Politeknik negeri Ketapang dan pihak mitra UMKM.

Acara dilanjutkan dengan sesi presentasi dan diskusi. Pada sesi pertama ini presentasi dibawakan oleh perwakilan mitra UMKM, Ibu Ida Haryuni dengan materi tentang implementasi Kerjasama produksi dengan industry maupun UMKM dalam hal penyediaan bahan baku, transfer teknologi, dan pemasaran tanaman kelapa.

Sesi selanjutnya disampaikan oleh narasumber tamu dari Politeknik Negeri Jember, Bapak Surateno, S.Kom., M.Kom. yang merupakan Wakil Direktur 1 Politeknik Negeri Jember yang berbagi materi mengenai Model Pembelajaran Project Based Learning dan Pembahasan RPS Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan.

Acara ditutup oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Ketapang (Dr. Anto Susanto, S.ST., MP. dan setelah itu para tamu undangan maupun peserta workshop disilahkan untuk dapat berkeliling melihat-lihat Gelar Produk UMKM dan Produk Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan.

Kegiatan workshop diharapkan dapat menciptakan komunikasi yang berkualitas untuk arah keberlanjutan produk unggulan di masa yang akan datang. Sinergi antara program studi Teknologi Hasil Perkebunan dan mitra tentu dapat membantu terwujudnya produk unggulan yang berkelanjutan.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp