1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Direktur Dorong Mahasiswa Politap Ikut Program Wirausaha Merdeka

Direktur Dorong Mahasiswa Politap Ikut Program Wirausaha Merdeka

KETAPANG – Kamis (11/08/2022). Telah dilakukan sosialisasi Program Wirausaha Merdeka oleh Politeknik Negeri Batam untuk mahasiswa Politeknik Negeri Ketapang. Politeknik Negeri Batam merupakan salah satu kampus yang ditugaskan Kemendikbudristek untuk menyelenggarakan program ini.

Endang Kusmana, Direktur Politap, menyambut baik program ini, karena menurut Endang program ini merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) yang harus dicapai Politeknik untuk dapat mendukung rencana strategis Kementerian yang sudah diturunkan menjadi renstra Politap. Untuk itu pihaknya mendorong agar mahasiswa Politap mengikuti program ini secara optimal.  

Menurut narasumber dari Politeknik Negeri Batam, Nanik Lestari, skema dan alur pengembangan Program Wirausaha Merdeka di Politeknik Negeri Batam menggunakan metode Project Based Learning (PBL). Program ini menggunakan proyek/kegiatan sebagai media pembelajaran. Peserta akan melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai output berbasis wirausaha. Mahasiswa harus menghasilkan artefak/produk untuk menunjukkan penguasaan konten mereka.

Nanik menambahkan bahwa ekosistem PBL akan mengintegrasikan pembelajaran dari semua prodi dan jurusan untuk bisa menyesuaikan, mengikuti dan pengakuan kegiatan dalam SKS matakuliah yang beririsan dan terkait dengan pengembangan usaha mahasiswa. Integrasi mata kuliah ini akan mengakomodir semua prodi, jurusan dan perguruan tinggi lainnya yang terlibat sehingga menjadi kontribusi penting dalam MBK. Pelaksanaan program akan didampingi oleh sumber daya terlatih dibidangnya. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara bertahap dan dilakukan per output kegiatan. Selain proses pembelajaran berbasis proyek, kegiatan kegiatan lain juga akan dilakukan seperti kegiatan pembinaan dan pendampingan, lokakarya temu usaha dengan pengusaha lain sehingga bisa meningkatkan motivasi dan kompetensinya dalam berwirausaha, serta terjalinnya hubungan staregis mahasiswa peserta program dengan para pengusaha. Selain itu, terdapat kegiatan Pesta Wirausaha Merdeka dimana perguruan tinggi akan mengirim tenant mahasiswa, serta kegiatan kompetisi bisnis matching dan pitching untuk meningkatkan kompetensi dan uji kelayakan produk untuk pasar. (Finan Su)

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp