1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. 41 Tendik Politap Ikuti Asesmen Prediksi Kompetensi Pegawai

41 Tendik Politap Ikuti Asesmen Prediksi Kompetensi Pegawai

KETAPANG – Kamis (29/08/2024). Politeknik Negeri Ketapang melaksanakan asesmen prediksi kompetensi bagi Tenaga Kependidikan (Tendik) yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Asesmen berlangsung pada Rabu-Kamis, 28-29 Agustus 2024 bertempat di Laboratorium Terpadu Gedung Kuliah II Politeknik Negeri Ketapang. Dalam satu hari dilaksanakan satu sesi asesmen, dengan durasi asesmen selama 5 jam 30 menit, mulai pukul 07.30 s.d. 13.00 waktu setempat.

Asesmen prediksi kompetensi merupakan proses pengukuran potensi individu untuk memprediksi kompetensi pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan menggunakan instrumen tertentu.

Sasaran asesmen ini adalah seluruh pegawai yang telah memenuhi kriteria dan telah didaftarkan sebagai calon peserta asesmen tahun 2024 dan bersifat wajib bagi peserta yang telah terdaftar. Di Politeknik Negeri Ketapang terdapat 41 pegawai yang mengikuti asesmen tahun 2024 ini.

Pada asesmen terdapat 4 instrumen Asesmen Prediksi Kompetensi Pegawai, meliputi tes kognitif, tes kepribadian, tes nilai, dan tes situasi, yang mengukur 8 kompetensi manajerial dan 1 kompetensi sosial kultural. Dengan total keseluruhan soal secara umum yakni 412 soal.

Tujuan dari dilaksanakannya asesmen ini yaitu untuk menjaring data profil prediksi kompetensi pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebagai bahan dalam manajemen SDM, yang mencakup pengembangan kompetensi, manajemen talenta, rotasi/ mutasi, dan promosi.

Adapun manfaatnya bagi instansi dan unit kerja yakni sebagai salah satu bahan pendukung dalam manajemen SDM, yang mencakup pengembangan kompetensi, manajemen talenta, rotasi/mutasi, dan promosi. Selain itu manfaat melaksanakan asesmen bagi pegawai yang bersangkutan yakni diantaranya untuk mengetahui gambaran potensi diri, mengetahui kebutuhan pengembangan diri yang tepat serta membuka kesempatan untuk terpilih dalam seleksi manajemen talenta.

Nantinya hasil asesmen dapat dilihat pada akun DikbudHR masing-masing peserta.

Bagikan artikel ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp